Pemprov DKI Fungsikan Kantor Kelurahan untuk Penitipan Motor Pemudik

Pemudik yang memakai kendaraan umum agak tenang nih

Jakarta, IDN Times- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja menyelesaikan rapat terbatas dengan instansi terkait bakal persiapan jelang arus mudik lebaran. Adapun hasil pertemuan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kantor kelurahan bisa menjadi tempat parkiran motor

Pemprov DKI Fungsikan Kantor Kelurahan untuk Penitipan Motor PemudikIDN Times/Vanny El Rahman

Terkait pemudik yang menggunakan moda transportasi umum, Anies menegaskan bahwa setiap kantor kelurahan bisa menjadi tempat penitipan motor.

"Setiap kantor kelurahan akan siap untuk jadi tempat penitipan motor bila mereka pulang gak bawa kendaraan motor. Kantor-kantor lurah akan siap jadi tempat penitipan," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

2. Penguatan keamanan hingga tingkat RT/RW

Pemprov DKI Fungsikan Kantor Kelurahan untuk Penitipan Motor PemudikIDN Times/Vanny El Rahman

Terkait fokus keamanan lainnya, Anies beserta pihak kepolisian akan berkoordinasi dengan RT dan RW bakal penguatan keamanan.

"Dalam diskusi kita simpulkan perlunya penguatan pengawasan di level wilayah terutama RT/RW bahwa kewajiban lapor 1x24 jam ditaati. Kita akan aktifkan lagi Forkom paling dekat dengan masyarakat. Babinsa, Babinkamtibmas, Lurah, FKDM, RT/RW, semua akan diaktifkan sehingga semua potensi ketidakwajaran bisa terdeteksi dengan dini," tambah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia itu.

3. Bahan makanan di pasar dalam kondisi aman terkendali

Pemprov DKI Fungsikan Kantor Kelurahan untuk Penitipan Motor PemudikIDN Times/Helmi Shemi

Terakhir soal ketersiadaan pangan, Anies menegaskan pemerintah telah menjamin ketersiadaan bahan makanan pokok selama Lebaran.

"Alhamdulillah Kebutuhan pokok di DKI supply-nya aman. Secara rinci kebutuhan pokok bagi warga, baik beras dan lain-lain stok yang ada di atas kebutuhan. Sehingga gak akan ada gangguan dari sisi harga, karena supply berjalan baik," tutup Anies. 

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya