Comscore Tracker

Pidato 2 Menit Anies Baswedan Berhasil Hipnotis Sekjen PBB

Anies sampaikan tiga hal kepada PBB untuk perubahan iklim

Jakarta, IDN Times - Pidato singkat yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tentang perubahan iklim mendapat apresiasi dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres.
 
Dalam forum dialog daring yang dihadiri Sekjen PBB dan anggota C40 Cities pada Jumat, 16 April 2021 malam, Anies mendapat kesempatan berbicara selama dua menit.

Baca Juga: Klaim COVID Terkendali, Anies: Kegiatan Ibadah Ramadan Dilonggarkan

1. Anies menyampaikan komitmen DKI Jakarta tentang iklim

Pidato 2 Menit Anies Baswedan Berhasil Hipnotis Sekjen PBBInstagram/@pt_transjakarta

Sebagai pembukaan, Anies menyampaikan komitmen DKI Jakarta untuk menjadi kota berketahanan iklim. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban setiap pemimpin daerah menyediakan tempat tinggal yang layak huni bagi para warga kotanya.
 
“Hal itu termasuk mengatasi dampak perubahan iklim, salah satunya dengan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan kota-kota,” ujar dia, seperti diunggah di akun YouTube Anies.
 
Salah satu pendekatan yang diimplementasikan Anies adalah mentransformasikan Jakarta dari pembangunan berbasis mobil menjadi pembangunan berbasis transit.
 
“Jakarta memimpin dalam aksi transportasi dan mobilitas yang berkelanjutan, dan kami ingin melanjutkan lebih jauh lagi,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

2. Anies sampaikan tiga harapan kepada PBB

Pidato 2 Menit Anies Baswedan Berhasil Hipnotis Sekjen PBBGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Polda Metro Jaya (Dok.Humas Pemprov DKI Jakarta)

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga mengusulkan tiga hal yang bisa dilakukan PBB untuk mendukung perubahan iklim pada tingkat kota.
 
Pertama, kata Anies, PBB dapat mendorong negara-negara untuk mengakui pencapaian aksi iklim yang dilakukan pada tingkat kota. “Dan itu perlu dihitung sebagai bagian dari National Determined Contribution (NDC) dari aksi iklim.”
 
“Kedua, PBB mampu mendorong terjadinya integrasi vertikal dan horizontal pada tingkat aksi serta kebijakan,” kata dia.
 
Terakhir, PBB dapat pula mendukung negara-negara untuk membangun arsitektur dan struktur pendanaan yang komprehensif. “Untuk menerjemahkan manfaat-manfaat yang diperoleh oleh pemerintah nasional pada forum global untuk dieksekusi pada level lokal,” tutup Anies.

3. PBB berjanji akan mewujudkan usulan Anies

Pidato 2 Menit Anies Baswedan Berhasil Hipnotis Sekjen PBBWikimedia.org/U.S. Mission Photo by Eric Bridiers

Tidak lama setelah Anies menyampaikan kata penutup, Antonio Guterres langsung memotong acara sebelum moderator mengambil alih. Lelaki berkebangsaan Portugal itu berjanji akan mewujudkan tiga usulan yang disampaikan Anies.
 
“Kami mendukung usulan Anda untuk melakukan yang terbaik dengan organisasi dan tim perwakilan PBB pada berbagai negara, untuk sepenuhnya melalui advokasi global dengan para pemerintah untuk melakukan persis seperti yang anda usulkan,” kata Guterres.
 
Setelah itu, David Miller selaku moderator sekaligus mantan ketua C40 Cities memuji pidato singkat yang disampaikan Anies. “Gubernur Baswedan, Anda telah berhasil memengaruhi PBB hanya dalam dua menit, bayangkan apabila Anda memiliki waktu empat menit,” kata dia.
 
“Terima kasih,” jawab Anies.

Baca Juga: Program Pembangunan Anies Diminta Dukung Kebijakan Rendah Karbon

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya