Comscore Tracker

Pratikno, Anak Desa, Rektor UGM, hingga Jadi Menterinya Jokowi

Kembali dipercaya Jokowi di posisi yang sama

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, melantik kembali Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara untuk lima tahun ke depan. Dengan jabatan yang sama, Pratikno kini menjabat kabinet dengan nama baru, Kabinet Indonesia Maju.

Sebelumnya Pratikno dipanggil ke Istana Keprisedanan, Jakarta, Senin (21/10). Dia tiba bersama Fadjroel Rahman dan Niko Haryanto menggunakan kemeja putih sekitar pukul 14.10 WIB.

Undangan tersebut dianggap sebagai “uji kelayakan” Jokowi kepada mereka yang dianggap layak menjadi menteri untuk Kabinet Kerja II masa bakti 2019-2024. Sebagai informasi, pada Kabinet Kerja I, Pratikno dipercaya oleh Jokowi menjabat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg).

Seperti apa rekam jejak Pratikno, yuk kenalan dulu.

1. Anak desa yang bercita-cita jadi Sekretaris Daerah

Pratikno, Anak Desa, Rektor UGM, hingga Jadi Menterinya Jokowi(Menteri Sekretaris Negara Pratikno) IDN Times/Teatrika Putri

Dilansir dari berbagai sumber, Pratikno lahir di Desa Donogede, Bojonegoro, Jawa Timur pada 13 Februari 1962. Dia satu-satunya anak dari 13 teman sekolah dasarnya yang melanjutkan studi hingga SMP. Pratikno kecil dikenal sebagai sosok yang sederhana, untuk bersekolah dia bahkan tidak memiliki sepatu.

Setelah menuntaskan SMA-nya pada 1980, ia melanjutkan kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengampu jurusan Ilmu Pemerintahan. Semasa mahasiswa, sempat terbesit dalam benaknya untuk mengabdi sebagai sekretaris daerah. Namun, takdir berkata lain lantaran ia harus melanjutkan studinya ke luar negeri.

2. Guru Besar ilmu politik dan mantan Rektor UGM

Pratikno, Anak Desa, Rektor UGM, hingga Jadi Menterinya JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pratikno menamatkan studi masternya di Birmingham University pada 1990 dan strata S3 di Flinders University pada 1997. Kiprahnya di dunia akademik kian mencuat sejak dinobatkan sebagai Guru Besar bidang ilmu politik UGM pada 2008. Lelaki berusia 57 tahun ini sempat menjabat Rektor UGM 2012-2014 sebelum ditarik Jokowi menjadi Mensesneg.

Pratikno menjadi staf pengajar UGM sejak 1986. Sebelum menjadi rektor, dia merupakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politk (FISIP) UGM 2008-2012. Mundur lagi pada 2004, dia pernah menjabat Direktur Program Pascasarjana Prodi Ilmu Politik.

3. Pernah tergabung dalam Tim Tiga

Pratikno, Anak Desa, Rektor UGM, hingga Jadi Menterinya JokowiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Pratikno merupakan satu-satunya anggota Tim Tiga yang masih berada di lingkungan Istana. Selama kampanye 2014, Pratikno bersama Andrianof Chaniago dan Cornelis Lay tergabung dalam Tim Tiga yang dikomandoi oleh Andi Widjojanto. Tim ini dipercaya memiliki kedekatan khusus dengan Jokowi. 

Pada sesi perkenalan Kabinet Kerja I, Andi dipercaya oleh Jokowi menjabat Sekretaris Kabinet dan Andrianof dipercaya sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas. Hingga berakhirnya lima tahun pertama kepemimpinan Jokowi, hanya tersisa Pratikno yang mengawal sang RI 1.

Baca Juga: Pratikno, Fadjroel Rahman dan Niko Haryanto Juga Dipanggil ke Istana

Topic:

  • Anata Siregar
  • Rochmanudin
  • Vanny El Rahman

Just For You