Comscore Tracker

Saksi Ahli KPU Ungkap Titik Kelemahan Situng

Kegaduhan Situng merupakan buntut dari titik lemah validasi

Jakarta, IDN Times - Saksi ahli termohon Komisi Pemilihan Umum (KPU), Marsudi Wahyu Kisworo, menjelaskan titik kelemahan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU. Dia merupakan arsitek Situng sekaligus guru besar ilmu komputer.

“Situng yang sekarang masih ada kekurangan yaitu harusnya memisahkan antara data yang sudah tervalidasi dan yang belum tervalidasi. Yang sekarang datanya terkumpul jadi satu,” kata Marsudi pada sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Kamis (20/6).

Menurut Marsudi, urgensi Situng adalah mencegah kegaduhan akibat praduga masyarakat yang tidak bisa terlibat dalam proses rekapitulasi suara.

“Situng sangat penting karena berguna untuk mencegah praduga masyarakat yang akan jadi bola liar di media sosial,” terangnya.

Kegaduhan Situng hari ini merupakan buntut dari titik lemah KPU ihwal validasi data. “Masukan dari saya adalah tampilkan dua halaman yang berbeda. Ini sah-sah saja. Semoga saja tahun 2024 sudah terselesaikan, sehingga tidak ada keributan seperti ini,” kata dia.

Baca Juga: Ahli: Penambahan-Pengurangan Suara di Situng Terjadi pada Kedua Capres

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You