Sinyal Black Box Terdeteksi di Dekat Lokasi KRI Rigel

"Sinyal masih kami tangkap dari KRI Rigel ini."

Jakarta, IDN Times- Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, mengatakan sinyal kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya SJY 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1/2021) terdeteksi di dekat kapal KRI Rigel.

"Besok (area pencarian) akan lebih mengerucut lagi. Kalau area tadi pagi di segitiga 140 meter x 100 meter x 80 meter. Apabila hasil evaluasi ternyata masih perlu (diperkecil), besok kami perkecil lagi untuk lebih mengerucut ke titik situ. Sinyal masih kami tangkap dari KRI Rigel ini," kata Rasyid di KRI Rigel, Kepulauan Seribu, Senin (11/1/2021).

1. Timbunan puing pesawat jadi hambatan pencarian black box

Sinyal Black Box Terdeteksi di Dekat Lokasi KRI RigelKRI Rigell (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Salah satu hambatan dalam mengangkat black box adalah timbunan puing-puing pesawat. Oleh sebab itu, regu penyelam diminta berhati-hati supaya proses pencarian jenazah tidak mengganggu deteksi sinyal black box.

"Sinyal tetap ada di situ namun kami butuh kesabaran dan butuh doa dari rekan-rekan. Semoga besok kami bisa konsentrasi penuh dan tetap apa yang kita dapatkan kita naikan," tambahnya.

2. ROV akan dikerahkan secepatnya untuk memastikan posisi black box

Sinyal Black Box Terdeteksi di Dekat Lokasi KRI RigelSituasi di lokasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Kegiatan pencarian dihentikan pada pukul 17.00 WIB dan akan dilanjutkan Selasa besok pukul 07.00 WIB. Setelah melakukan evaluasi pada pukul 19.00 WIB malam ini, tim evakuasi akan memutuskan waktu terbaik untuk menurunkan Remotely Operated Vehicle (ROV).

"Malam ini kalo gak pagi-pagi ROV akan kami operasikan untuk melaksanakan foto bawah air. Besok kami turunkan sekoci (yang) memiliki akurasi data dan kami berlayar di atasnya. Kami melintas di atas itu, kami marking lagi untuk lebih meyakinkan bahwa memang posisinya di situ," kata Rasyid.

3. Berharap sinyal black box tidak tergesar

Sinyal Black Box Terdeteksi di Dekat Lokasi KRI RigelSituasi di lokasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Sampai aktivitas pengangkatan puing-puing dan pencarian jenazah hari ini dihentikan, Rasyid memastikan bila sinyal black box belum bergeser.

"Mudah-mudahan tidak (bergeser). Rigel masih tetap di sini, posisi tetap sama. Posisi sampai hari ini akan tetap sama," katanya.

Baca Juga: Black Box Masih Dicari, Basarnas Fokus Pencarian Korban Sriwijaya Air

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya