Comscore Tracker

Survei: Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Capres Unggulan 2024

Jokowi jadi unggulan jika boleh tiga periode

Jakarta, IDN Times - Prabowo Subianto dan Anies Baswedan bersaing menjadi calon presiden unggulan 2024-2029. Dua nama tersebut berada di posisi teratas hasil survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia bersama Politika Research & Consulting, yang dilakukan selama 25 Januari-10 Februari 2020.

“Kalau ditanya seandainya Pilpres dilaksanakan hari ini, ternyata 13,78 persen responden memilih Prabowo. Kemudian, 6,66 persen memilih Anies Baswedan,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Gren Aila Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (23/2).

1. Nama Jokowi masih berada di urutan teratas

Survei: Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Capres Unggulan 2024Presiden Jokowi saat menghadiri Kenduri Kebangsaan di Bireuen (IDN Times/Saifullah)

Salah satu temuan yang menarik adalah, ternyata responden masih mendukung Jokowi apabila diberi kesempatan ketiga. Bahkan, posisi mantan wali kota Solo itu berada di urutan teratas, mengungguli Prabowo dan Anies.

“Perolehan Jokowi 15,48 persen. Kita kan gak tahu kalau misal aturannya diubah (boleh tiga periode). Tapi kalau tidak memasukkan Jokowi, maka urutan pertama adalah Prabowo dan Anies,” kata Adi.

Baca Juga: Survei Barometer: Publik Lebih Puas Kinerja JK Ketimbang Ma'ruf Amin

2. Ganjar hingga BTP membuntuti Prabowo dan Anies

Survei: Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Capres Unggulan 2024Tangkapan layar hasil paparan survei Parameter Politik Indonesia bersama Politika Research & Consulting

Menyusul Anies, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan tingkat elektabilitas 5,88 persen. Di bawahnya ada Sandiaga Uno dengan 5,79 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,21 persen, Ridwan Kamil 2,71 persen, dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 2.30 persen.

“Muncul juga deretan nama baru, seperti Andika Prakasa (Kepala Staf Angkatan Darat [KSAD]) dengan elektabilias 0,55 persen. Kepala partai politik ternyata tidak terlalu besar,” kata dosen FISIP Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut.

3. Hanya segelintir perempuan yang diunggulkan sebagai bakal capres

Survei: Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Capres Unggulan 2024Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat meresmikan jogging track KBS, Minggu (23/2). (IDN Times/Ardiansyah Fajar)

Dari 30 nama yang disodorkan bakal capres 2024-2029, tercatat hanya empat perempuan yang dijagokan. Mereka adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (2,6 persen), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (1,9 persen), Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (0,8 persen) dan Ketua DPR RI Puan Maharani (0,5 persen).

4. Survei melibatkan 2.197 responden dari 220 desa atau kelurahan di Indonesia

Survei: Prabowo Subianto dan Anies Baswedan Capres Unggulan 2024(IDN Times/Vanny El Rahman)

Survei kolaborasi ini dilakukan pada 25 Januari hingga 10 Februari 2020, dengan metode multi stage random sampling dengan melibatkan 2.197 responden dari 220 desa atau kelurahan di Indonesia.

Ada pun tingkat kepercayaan survei ini adalah 95 persen, dengan margin of error 2,13 persen.

Baca Juga: Survei Indo Barometer: Prabowo Menteri dengan Kinerja Paling Bagus 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya