Taat Prokes dan Minum Vitamin: Senjata Utama Atasi Subvarian Omicron

Work life balance juga penting untuk mencegah COVID-19

Jakarta, IDN Times – Ketua Divisi Penyakit Tropik dan Infeksi RSCM, Erni J. Nelwan, mengingatkan bahwa kepatuhan terhadap protokol kesehatan memiliki andil penting dalam memerangi subvarian COVID-19 Omicron, yaitu BA.4 dan BA.5.

Sebagai gambaran, penularan infeksi corona di Indonesia mulai menunjukkan kenaikan dalam beberapa minggu terakhir. Penyebab utamanya adalah varian baru yang telah memasuki Tanah Air.

“Memahami perbedaan (varian-varian baru COVID-19) itu penting, tapi menurut saya, jauh lebih penting menerapkan upaya pencegahan, yang sudah dipahami dan dihapal sebelumnya,” kata Erni dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Jumat (8/7/2022).

1. Tips agar terhindar dari virus corona

Taat Prokes dan Minum Vitamin: Senjata Utama Atasi Subvarian OmicronIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun langkah pencegahan dasar, dan yang selama ini sudah difasilitasi pemerintah, adalah mematuhi protokol kesehatan dan mengambil vaksinasi. Sebab, ganas atau tidaknya suatu penyakit tidak bisa ditentukan dari karakter virusnya semata.

“Jadi kalau menyerang orang yang daya tahan tubuhnya lemah, punya penyakit gula, itu gula darahnya tidak terkontrol, berakibat ke jantung dan ginjal. Ini lebih berat ke orang ini, bahkan kalau pun terinfeksi virus yang ringan,” tutur Erni.

Erni juga mengingatkan tentang pentingnya keseimbangan hidup untuk mencegah seseorang terpapar virus corona.

“Harus seimbang, kerja, istirahat yang cukup, olahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Harus punya manajemen stres yang oke. Seimbang antara pikiran, fisik, dan psikis. Jadi jangan kerja terus, harus ada upaya untuk relaksasi,” beber dia.

Baca Juga: Alert! Puncak Kasus Omicron di Jakarta Terjadi Sebentar Lagi

2. Minum vitamin juga penting

Taat Prokes dan Minum Vitamin: Senjata Utama Atasi Subvarian OmicronIlustrasi Obat dan Vitamin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Terkait pengobatan COVID-19 subvarian omicron BA.4 dan BA.5, telah ada pedoman yang jelas dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan dari pemerintah Indonesia. Vitamin masuk dalam bagian penting selama pengobatan virus corona, untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

“Kebutuhan vitamin bukan hanya untuk orang yang sakit, namun juga untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, orang lanjut usia (lansia), ibu hamil, hingga orang usia produktif yang kerjanya lebih dari enam jam. Supaya tetap memenuhi kebutuhan asupan nutrisi,” jelas dia.

Kalbe Farma, yang selama ini ikut menangani pandemik di Indonesia, juga memiliki paket vitamin yang terbukti ampuh melawan virus ini.

“Terkait vitamin sudah ada dan berjalan dengan perkembangan, jadi bertepatan juga dengan kondisi COVID-19,” kata Senior Product Manager PT Kalbe Farma, Tekla Rosa Oktivita.

3. Kalbe sediakan vitamin dalam berbagai kemasan agar mudah dikonsumsi

Taat Prokes dan Minum Vitamin: Senjata Utama Atasi Subvarian OmicronLogo Kalbe Farma

Terkait daya tahan tubuh, Kalbe memiliki Prove family, yang terdiri dari Prove D3, Prove Z, dan Prove E. Produk dari ketiga brand tersebut banyak dikonsumsi selama pandemik COVID-19 sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

“Saat ini bisa dikatakan bahwa Prove D3 merupakan vitamin D dengan varian yang paling lengkap, karena kita punya bentuk sediaan mulai dari drops dan tablet. Drops ini sangat memudahkan, bahkan untuk anak-anak, karena satu tetesnya saja mengandung 400 iu,” ungkap Rosa.

Prove D3, dengan bentuk sediaan drops, juga mudah dikonsumsi oleh para lansia. Hal penting lainnya, semua bentuk sediaan Prove D3 halal dan bebas gluten, maka aman untuk orang yang alergi gluten.

Baca Juga: Studi: Infeksi Varian Omicron Tingkatkan Imunitas Melawan Varian Delta

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya