Comscore Tracker

TKN Sebut Sisi Ulama Ma'ruf Amin Tidak Muncul di Debat Perdana

Jokowi seharusnya lebih pandai dalam memilih diksi kata

Jakarta, IDN Times- Tim Kampanye Nasional (TKN) menyayangkan kapasitas Ma'ruf Amin sebagai ulama tidak muncul dalam debat perdana. Padahal, mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu diharapkan lebih banyak menyampaikan ayat Alquran dan hadis.

"Saya berkali-kali mengingatkan kita setting sebagai ulama ada ayat dan hadis mestinya disampaikan namun belum disampaikan," kata Romahurmuziy yang merupakan Anggota Dewan Penasihat TKN usai debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

Catatan lain yang diutarakan oleh Romi, sapaan akrabnya, terkait manajemen waktu. Perawakan Ma'ruf yang santun dan lembut menyebabkan ia tidak bisa tampil optimal karena keterbatasan waktu.

"Yang pasti time management karena ini debat pertama bagi Kiai Ma'ruf juga. Itu akan menjadi concern kita," tambah pria yang merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Catatan serupa juga dialamatkan kepada Jokowi. Sebagai petahana, selain manajemen waktu, Jokowi seharusnya lebih pandai dalam memilih diksi kata.

"Saya juga sampaikan kepada Pak Jokowi sebagai incumbent memerlukan istilahnya diksi telah, sedang dan akan. Kalimat itu itu enggak muncul," jelas dia.

Baca Juga: Ini Alasan Jokowi-Ma'ruf Tak Tanya Kasus HAM 1998 ke Prabowo

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You