Wamenag Ajak Alumni Haji Ikut Berkontribusi Bangun Negeri

Banyak alumni haji ditetapkan sebagai pahlawan bangsa

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi, mengajak masyarakat yang sudah menunaikan ibadah haji mengambil inisiatif dan peran penting dalam pembangunan bangsa. 

"Alumni haji harus dapat menjadi katalisator dan bagian penting dari pembangunan masyarakat dan bangsa. Alumni haji harus terus dijaga kemabruran, semangat dan perannya dan menjadi haji sepanjang hayat,” kata Zainut pada pembukaan Muktamar Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) VII, Sabtu (21/8/2021).

1. Banyak alumni haji yang jadi pahlawan bangsa

Wamenag Ajak Alumni Haji Ikut Berkontribusi Bangun NegeriIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Istilah haji sepanjang hayat yang dimaksud Zainut artinya alumni haji harus selalu berperan positif dalam semua aspek kemasyarakatan. Termasuk pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan banyak lainnya.

Zainut juga sempat mengulas hasil penelitian di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 2012. Melalui riset itu, diketahui jemaah haji memiliki pengaruh besar dalam bidang ekonomi, politik dan pendidikan pra-kemerdekaan.

Beberapa di antaranya ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan. Misalnya KH Hasyim Asy’ari, KH Ahmad Dahlan, Tuanku Imam Bonjol, A Hasan, H Agus Salim, KH Abdul Wahab Hasbullah, HOS Tjokroaminoto.
 

Baca Juga: Brigjen Kyai Haji Syam'un, Ulama Pejuang di Tanah Jawara 

2. Alumni haji diharapkan bisa ikut membangun bangsa sesuai kapasitasnya

Wamenag Ajak Alumni Haji Ikut Berkontribusi Bangun NegeriWakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi (Youtube.com/Kemenag RI)

Setelah proklamasi kemerdekaan, harapan orang terhadap kiprah alumni haji juga tetap besar. Mereka menjadi harapan perbaikan kehidupan sosial keagamaan di tengah masyarakat, termasuk dalam pencegahan pandemik COVID-19.

"Saya mengajak IPHI untuk ikut serta sesuai kapasitas dan kewenangannya untuk memberikan kesadaran hidup sehat dan disiplin di lingkungan masyarakat. Jangan lelah untuk mengingatkan gerakan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas), berdoa, dan vaksinasi," demikian pesan Zainut.

3. Kemenag berharap IPHI bisa menjadi wadah pengabdian masyarakat

Wamenag Ajak Alumni Haji Ikut Berkontribusi Bangun NegeriPromosi doktor Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi (dok. Kemenag)

Zainut berharap Muktamar VII IPHI dapat memberikan sumbangsih nyata dalam pembangunan masyarakat, kesadaran moderasi beragama serta memberikan masukan bagi penyelenggaran haji.

"Jadikan organisasi IPHI sebagai tempat mengabdi kepada masyarakat," tutur dia.

Baca Juga: Harap Bersabar! Saudi Belum Buka Sistem e-Visa Umrah untuk WNI

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya