Wow, Dubes Indonesia untuk Korea Selatan Jadi Dubes Terbaik Lho!

Dubes Umar dikenal gigih memperjuangkan HAM TKI di Korsel

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, dinobatkan sebagai The Best Ambassador Award tahun 2018 oleh pemerintah Korea Selatan. Umar menjabat sebagai duta besar sejak Juli 2017.

Beberapa bulan setelah Umar menyerahkan Letter of Credence kepada Presiden Moon Jae-in, dia berhasil mendatangkan pemimpin Negeri Ginseng itu ke Indonesia pada November 2017. Presiden Jae-in datang ke Indonesia untuk mempererat hubungan baik kedua negara.

1. Umar dikenal gigih memperjuangkan HAM WNI di Korea Selatan  

Wow, Dubes Indonesia untuk Korea Selatan Jadi Dubes Terbaik Lho!Dok. IDN Times

Dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Umar dikenal sebagai sosok yang gigih dalam memperjuangkan hak asasi manusia (HAM) sebanyak 36 ribu pekerja Indonesia di Korea Selatan. Atas perjuangannya, panitia penyelenggara memutuskan Umar sebagai Duta Besar terbaik.

"Segala kegiatan yang dilakukan oleh Dubes Umar Hadi menjadi contoh bagi Dubes lainnya, terkhusus bagi mereka yang mengirimkan tenaga kerjanya ke negara kami," kata salah satu panitia penyelenggara Yeo Hong-II.

2. Umar berhasil meningkatkan investasi Korea Selatan di Indonesia  

Wow, Dubes Indonesia untuk Korea Selatan Jadi Dubes Terbaik Lho!kemenag.go.id

Umar juga berhasil meningkatkan hubungan ekonomi Indonesia-Korea Selatan. Hubungan 'bisnis-to-bisnis' kedua negara berhasil meningkatkan jumlah perusahaan patungan -joint venture-. Alhasil, investasi Korea Selatan di Indonesia menjadi salah satu yang terbesar pada kuartil pertama tahun 2018.

Selain itu, Umar juga berhasil menggenjot penjualan produk Indonesia di Korea Selatan. Begitupun sebaliknya, produk kebanggaan Korea Selatan juga diperkenalkan di pasar Indonesia, K-healthcare menjadi salah satu contohnya.

"Saya mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh diplomat Indonesia di Korea Selatan yang telah berhasil membuat kinerja kami semakin efektif dan efisien," ujar Umar Hadi saat upacara pemberian pengharagaan.

3. Penghargaan kepada Umar turut mengharumkan nama Indonesia  

Wow, Dubes Indonesia untuk Korea Selatan Jadi Dubes Terbaik Lho!Dok. IDN Times

Untuk diketahui, The Best Ambassador Award pertama kali diselenggarakan pada 2009. NDNnews bekerja sama dengan SeoulCity Magazine dan Asosiasi Duta Persahabatan Korea menjadi pihak yang bertanggung jawab atas proses penyeleksiannya.

The Best Amabassador Award menjadi salah satu penghargaan bergengsi yang diakui oleh pemerintah negara Korea Selatan. Dengan kata lain, prestasi yang berhasil diraih oleh Umar Hadi turut mengharumkan nama bangsa.

Baca Juga: Jelang Sidang Vonis, Aman Abdurrahman Tetap Ngaku Gak Bersalah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya