Yuk! Kenali 4 Tanda Lingkungan Kamu Terpapar Radikalisme

Mari bersama-sama jaga orang yang kita sayang

Surabaya, IDN Times- Tindakan radikalisme adalah musuh bersama. Bukan hanya pemerintah yang berkewajiban untuk membendungnya. Kita sebagai masyarakat juga wajib untuk menghalangi paham yang merusak menghancurkan Tanah Air yang kita cintai ini. 

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Brigen Pol. Hamli meminta masyarakat untuk mengenali tanda-tanda bila orang-orang tercinta di lingkungan kita sudah terkontaminasi paham radikal. 

"Ada 3 term, yaitu intoleransi, radikalisme, dan terorisme. Intoleransi itu seperti gatal-gatal. Radikalisme itu sudah bersin dan terorisme itu sudah batuk-batuk. Jadi cukuplah dari gatal-gatal dulu bisa diobati," jelas Hamli saat memenuhi undangan kuliah umum di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Selasa (14/8). 

Untuk itu, dia menyampaikan 4 ciri-cirinya. Apa saja sih?

1. Mendadak anti-sosial

Yuk! Kenali 4 Tanda Lingkungan Kamu Terpapar RadikalismeIlustrasi (Pixabay)

Perubahan karakter secara signifikan menjadi tanda yang paling mudah dikenali. Bila sebelumnya ia senang bermain dan ceria, kemudian ia mendadak jadi pendiam, lingkungan sekitar perlu memberikan perhatian lebih kepadanya. 

"Lebih banyak mengasingkan diri dan tidak suka pada keramaian dengan teman sebaya dan sepermainan," lanjutnya. 

2. Memiliki komunitas lain yang dirahasiakan

Yuk! Kenali 4 Tanda Lingkungan Kamu Terpapar RadikalismeIlustrasi rahasia (Pixabay)

Tidak bisa dipungkiri, radikalisme tumbuh subur di kalangan akar rumput melalui gerakan bawah tanah. Salah satu cara yang paling efektif adalah melalui komunitas-komunitas yang tidak jelas asal juntrungannya. 

"Menghabiskan waktu lama dengan komunitas lain yang dirahasiakan. Biasanya sebagaimana tahapan radikalisasi, mereka membutuhkan intensitas pertemuan di tempat yang tidak diketahui dan dirahasiakan," terang Hamli.

3. Sensitif dengan segala hal berbau agama

Yuk! Kenali 4 Tanda Lingkungan Kamu Terpapar Radikalismeelshinta.com

Mereka yang telah terdoktrin oleh paham radikal, biasanya mudah sensitif dengan pembicaraan yang berbau agama. Mereka biasanya lebih vokal untuk menyuarakan pandangan agama yang menurutnya benar.

Dia melanjutkan, "Mengalami perubahan sikap emosional ketika berbicara seputar pandangan politik dan keagamaan. Mendadak ia jadi pemarah diajak bicara agama dan politik,".

Baca Juga: Mendagri Minta Camat dan Kades Bisa Deteksi Dini Terorisme

4. Menyampaikan kritik yang berlebihan

Yuk! Kenali 4 Tanda Lingkungan Kamu Terpapar RadikalismeGaris polisi (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Terkahir, bila paham tersebut sudah begitu dijiwai, mereka akan terang-terangan menuding segala hal yang tidak sepaham adalah kekufuran atau melanggar syariat Tuhan. 

"Mengungkapkan kecurigaan dan kritik yang berlebihna terhadap praktek masyarakat umum. Pada perkembangan berikutnya, sudah tampk ajaran-ajaran yang menyalahkan kelompok tertentu secara ekstrem," tutupnya.

Nah, bagaimana guys? Sudah jelaskan. Jadi, kalau kalian merasakan lingkungan sekitar kalian memiliki empat perilaku di atas, coba deh diberi perhatian lebih dan diajak curhat. 

Baca Juga: Jaksa Minta Hakim Bekukan JAD Karena Terkait Terorisme

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya