Sebabkan Banjir, Bangunan Liar di Bantaran Kali Item Dibongkar

Penghuni bangunan tersebut sudah mengontrak rumah lain

Jakarta, IDN Times – Belasan bangunan liar (bangli) di bantaran Kali Item RT 08 RW 10 Kelurahan Angke, Jakarta Barat yang berbatasan dengan Kelurahan Penjagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, dibongkar. Ini dilakukan untuk menghindarkan warga dari banjir akibat luapan air dari kali tersebut.

“Totalnya ada 15 bangunan liar yang dibongkar.” kata Lurah Angke Dirhamsyah, seperti dilansir dari laman Antara, Rabu (14/11).

1. Pembongkaran dilakukan demi kepentingan warga

Sebabkan Banjir, Bangunan Liar di Bantaran Kali Item DibongkarIDN Times/Vanny El Rahman

Dirhamsyah menyebutkan pembongkaran tersebut dilakukan demi kepentingan warga yang tinggal di bantaran kali tersebut, sehingga dampak luapan kali item tidak terkena kepada warga saat intesitas curah hujan yang tinggi

Baca Juga: Monitor 30 Titik Banjir Jakarta, Anies Siagakan 1.400 Relawan

2. Pembongkaran dilakukan sejumlah anggota gabungan

Sebabkan Banjir, Bangunan Liar di Bantaran Kali Item DibongkarIDN Times/Vanny El Rahman

Pembongkaran dilakukan dengan sejumlah anggota gabungan, yakni dari Satpol PP Kecamatan Tambora, Satpol PP Kelurahan Angke, Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tambora dan Penanganan Prasaranan dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Angke

Adapun bangunan liar tersebut merupakan rumah panggung berbahan kayu yang beratapkan seng. Selain itu, fondasi rumah berada di atas bantaran kali item.

3. Penghuni bantaran Kali Item sebelumnya sudah merelokasi diri

Sebabkan Banjir, Bangunan Liar di Bantaran Kali Item DibongkarDok.IDN Times/Istimewa

Selain itu proses penertiban direncanakan menggunakan satu unit alat berat backhoe. Namun, di sisi lain luas lokasi menyebabkan alat tersebut tidak dapat digunakan sehingga dilakukan dengan manual.

Para penghuni bantaran Kali Item juga sebelumnya sudah merelokasikan diri ke tempat yang lebih aman. Dirhamsyah selaku lurah angke juga menambahkan bahwa para penghuni bantaran kali telah mengontrak rumah sebelum dilakukan penertiban

“Kita sebelumnya sudah beberapa kali sosialisasi. Jadi mereka sadar diri mengontrak rumah sebelum bangunan liar itu dibongkar,” tambahnya.

Baca Juga: FOTO: Tumpukan Sampah di Pintu Air Manggarai Ini Bisa Bikin Banjir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya