Comscore Tracker

Mengenal Roti Ketawa, Camilan Gurih Asal Medan yang Mirip Onde-Onde

Bentuk kuenya kayak orang ketawa?

Selain roti ganda dan Bolu Meranti, roti ketawa juga adalah makanan yang tersohor dari Kota Medan. Roti yang satu ini banyak dijual di toko-toko atau tempat jajanan tradisional di Kota Medan dan juga mulai tersedia di kota-kota lain.

Roti ini terbuat dati terigu, gula, dan telur. Biasanya tersedia dalam ukuran besar, tapi sekarang sudah ada yang kecil-kecil. Varian rasanya juga mulai bervariasi mulai dari pandan hingga coklat. Roti ini cocok dijadikan cemilan karena rasanya yang enak dan juga bergizi. Dihidangkan bersama teh atau kopi juga boleh tuh!

1. Punya belahan di bagian tengah membuat roti ini mirip mulut yang lagi ketawa

Mengenal Roti Ketawa, Camilan Gurih Asal Medan yang Mirip Onde-Onderesepkoki.id

Bentuk dasar roti ini bulat, lalu menjadi merekah akibat suhu panas pada proses penggorengan. Nah, keadaannya yang merekah inilah yang membuat roti ini mirip dengan orang ketawa, sehingga disebut roti ketawa.

Baca Juga: 4 Camilan Khas Medan yang Bikin Nagih, Wajib Coba Pokoknya!

2. Sama-sama ditaburi wijen, roti ketawa sering dikira onde-onde. Bahkan ada yang menyebut 'onde-onde ketawa'

Mengenal Roti Ketawa, Camilan Gurih Asal Medan yang Mirip Onde-Ondeberitagar.id

Bagi orang yang baru pertama kali melihat, pasti menyebut roti ketawa adalah onde-onde karena sama-sama ditaburi biji wijen pada permukaan luarnya. Tak masalah sih, karena di daerah tertentu ada yang menyebut roti ketawa sebagai 'onde-onde ketawa' karena memang mirip. Tetapi, roti ketawa dan onde-onde itu tetap jauh berbeda lho. Onde-onde cenderung lebih lembut dan biasanya memiliki isi seperti keju, kacang hijau di dalamnya. Sedangkan, roti ketawa bertekstur keras dan tidak punya isi.

3. Roti ketawa tahan lama dan harganya merakyat

Mengenal Roti Ketawa, Camilan Gurih Asal Medan yang Mirip Onde-Ondeinfokuliner.com

Karena bahannya yang sederhana dan digoreng dalam suhu yang tinggi, membuat roti ketawa tahan lama. Cukup simpan di dalam wadah plastik agar tetap enak bila ingin dikonsumsi lagi. Oh iya, harganya hanya berada di rentang Rp15.000 - 30.000 per pack. Tergantung jumlah dan ukurannya saja.

Itulah tadi fakta unik tentang roti ketawa, penganan khas Medan yang enak dan murah meriah. Punya rasa yang enak, pastinya kamu tak boleh melewatkan untuk mencobanya saat bermain ke Medan. Ada yang sudah pernah coba?

Baca Juga: Gaya Baru Nikmati Alpukat Kocok di Medan, Harus Dikocok-kocok!

Vina Anggerina Photo Community Writer Vina Anggerina

an ISFP-T // yuk berteman: @vinaanggerina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You