Comscore Tracker

Alat Sampai Hari Ini, Labkesda COVID-19 di Riau Segera Beroperasi!

Labkesda Riau bisa periksa 100 sampel swab per hari, lho!

Pekanbaru, IDN Times - Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Riau segera beroperasi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah menyiapkan peralatan hingga Sumber Daya Manusia (SDM). Apa saja yang disiapkan oleh Pemprov Riau untuk pengoperasian Labkesda ini?

1. Tenaga medis dan analis

Alat Sampai Hari Ini, Labkesda COVID-19 di Riau Segera Beroperasi!IDN Times/Candra Irawan

Pemprov Riau sudah menyiapkan 16 SDM di antaranya 12 tenaga medis dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau (Unri) dan 4 tenaga analis yang membantu pekerjaan tenaga medis dan laboratorium.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, hal ini sudah disetujui oleh Gubernur Riau, Syamsuar bahkan peraturan sudah diteken.

"Inyaallah SDM kita sudah siap mengoperasikan laboratorium COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru," ungkapnya Kamis (9/4).

Baca Juga: DIY Tambah 2 Laboratorium Pemeriksa Spesimen Terduga Corona 

2. Masih menunggu alat

Alat Sampai Hari Ini, Labkesda COVID-19 di Riau Segera Beroperasi!Unsplash/Olga Kononenko

Diungkapkan oleh Mimi,, hingga saat ini pihaknya masih menunggu satu alat utama agar Labkesda bisa beroparasi. Diperkirakan hari ini, Jumat (10/4), alat tersebut sudah sampai di Riau.

"Secara bangunan, Labkesda sudah clear dan barang-barang sudah masuk. Hanya saja kami menunggu satu alat dari Jakarta. Besok clearing dari bea cukai dan langsung dibawa ke teknisi dan di-install," sebutnya.

3. Bisa periksa 100 pasien per hari

Alat Sampai Hari Ini, Labkesda COVID-19 di Riau Segera Beroperasi!Dok. Dinas Kesehatan Kota Semarang

Jika nantinya Labkesda sudah beroperasi, diperkirakan laboratorium itu bisa memeriksa 100 pasien COVID-19 per harinya.

"Kita berharap dengan adanya laboratorium ini bisa mempercepat penanganan pasien COVID-19. Karena selama ini swab kita kirim ke Litbangkes Kemenkes di Jakarta," imbuhnya.

Baca Juga: 7 PDP Virus Corona di Riau Meninggal, Hasil Tes Swab Masih Ditunggu

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya