Comscore Tracker

Begini Kondisi Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh di Atap Rumah Warga

Pilot jalani perawatan dan tes psikologi

Pekanbaru, IDN Times - Kondisi pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail sudah membaik pasca pesawat tempur jenis BAE Hawk 109 yang diawakinya jatuh di pemukiman warga Perumahan Mutiara Sialang Indah, Kubang, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Senin kemarin (15/6).

Ia sempat menyelamatkan diri dengan menggunakan kursi pelontar sebelum pesawat menghantam rumah warga. Iapun mendarat di atap rumah warga.

Bagaimana kondisi terkini pilot muda tersebut? Berikut pemaparannya.

Baca Juga: Kronologis Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukiman Warga

1. Sudah dilakukan observasi

Begini Kondisi Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh di Atap Rumah WargaUnsplash.com/@Hush Naidoo

Lettu Pnb Apriyanto Ismail diketahui selamat setelah melepaskan kursi lontar (ejection seat). Kursi lontar tersebut jatuh ke atap rumah warga. Sementara Apriyanto yang mengenakan parasut jatuh di atap rumah berbeda tak jauh dari lokasi kursi lontarnya terjatuh.

Apriyanto yang saat itu mengenakan parasut dibantu oleh warga setelah warga mendengar suara minta tolong. Ia diberi obat salep karena menurut warga matanya mengalami memar. Tak lama setelah itu, pilot dari Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin tersebut langsung dilarikan ke Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Roesmin Nurjadin.

Kepala RSAU dr Sukirman Lanud Rsn Nuryadin Pekanbaru, dr Agus Sukamto mengatakan, tim medis sudah melakukan observasi terhadap Apriyanto.

"Alhamdulillah kondisi baik, sudah diobservasi tidak ada cedera yang berat. Kita lihat satu sampai tiga hari kedepan, kalau tidak ada keluhan nanti rawat jalan saja," ungkapnya, Selasa (16/6).

Observasi dilakukan baik dari spesialias penyakit dalam maupun spesialias bedah di rumah sakit tersebut. "Sudah dilakukan rontgent juga dan kondisinya cukup baik," jelas dr Agus.

2. Menjalani tes psikologi

Begini Kondisi Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh di Atap Rumah WargaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain pemeriksaan kesehatan psikis, Lettu Apriyanto juga menjalani tes psikologi. Di mana tes tersebut dilakukan bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologi dari pilot tersebut.

"Tes psikologi, sudah dilakukan pendampingan mulai dari awal selain tim kesehatan. Kondisi psikologisnya juga cukup baik," sebut dokter.

3. Sudah bisa dibesuk

Begini Kondisi Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh di Atap Rumah Wargahalodoc.com

Karena kondisi pilot yang sudah membaik dan tidak ada cedera berat, pihak rumah sakit pun membolehkan pilot untuk dibesuk oleh keluarga dan kerabat. Tetapi jumlahnya dibatasi. "Karena memang harus istirahat yang cukup," kata dia.

Sementara itu, kedepan apabila pilot sudah diperbolehkan kembali terbang maka dia harus melakukan pengecekan secara lengkap. Baik psikis maupun psikologinya. "Pengecekan nantinya akan dilakukan di Mabes AU, Jakarta," ujarnya.

4. TNI AU masih lakukan evakuasi bangkai pesawat

Begini Kondisi Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh di Atap Rumah WargaPesawat TNI AU jatuh di Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru, Senin pagi (15/6). (ANTARA/HO-netizen)

Hingga sore ini, prajurit dari TNI AD maupun TNI AU masih melakukan penjagaan ketat di lokasi kejadian. Di lokasi kejadian sudah dipasang garis polisi. Evakuasi pesawat masih terus berjalan sembari dilakukannya investigasi guna mengetahui penyebab kecelakaan.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam konferensi pers yang diadakan di Lanud Roesmin Nurjadin mengatakan, Lettu Pnb melaporkan bahwa ia mendengar suara aneh pada pesawat.

"Penerbang melaporkan suara aneh pada pesawat diikuti dengan lampu peringatan. Ada sesuatu yang tidak benar pada mesinnya. Dilanjutkan mesin kehilangan tenaga," ungkapnya, Senin kemarin.

Selanjutnya pilot menyampaikan bahwa ia akan melakukan eject atau melompat keluar menggunakan kursi pelontar atau ejection seat. "Penerbang selamat dengan kursi lontar. Pesawat jatuh 1,5 km dari landasan menimpa 2 rumah yang Alhamdulillah tidak ada orang di rumah itu. Kursi lontar juga menimpa rumah," sebutnya.

5. Pulang latihan menembak

Begini Kondisi Pilot Pesawat Tempur yang Jatuh di Atap Rumah WargaPesawat Tempur Jatuh di Kampar, Riau (Dok. IDN Times/Istimewa)

Penerbangan pesawat tempur tersebut diketahui dalam rangka latihan penembakan di daerah Siabu, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Ada 3 unit pesawat tempur yang dikerahkan dalam latihan tersebut.

"Kejadiannya pesawat ini ada 3 unit sesang melakukan latihan penembakan di Siak Hulu. Kemudian kembali untuk melakukan pendaratan. Normal saat kembali. Tapi mengalami kecelakaan pada posisi pesawat 3, kira-kira 2 km dari ujung landasan atau sekitar 500 feet (kaki)," sebut KSAU.

Saat itu, pilot merasakan adanya letupan pada pesawat. Namun pesawat dipastikan tidak meledak di udara melainkan terbakar setelah menimpa rumah warga.

Baca Juga: Jatuh di Atap Rumah Warga, Pilot Pesawat Tempur Teriak Minta Tolong

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya