ODP Virus Corona di Riau Meningkat Tajam, Jumlahnya Jadi 2.438 Orang

Korban meninggal hanya 1 orang!

Pekanbaru, IDN Times - Semakin hari Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus corona (COVID-19) di Provinsi Riau makin bertambah. Dilansir dari website corona.riau.go.id, per tanggal 24 Maret pukul 22.00 WIB sudah 2.438 warga Riau yang masuk ODP.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4 orang sudah selesai dalam pemantauan. Sementara sisanya 2.434 masih dalam proses pemantauan.

Sehari sebelumnya, Selasa (24/3), jumlah PDP di Riau sebanyak 55 orang, sementara jumlah ODP tercatat ada 1.823 orang.

1. PDP di Riau sudah 60 orang

ODP Virus Corona di Riau Meningkat Tajam, Jumlahnya Jadi 2.438 OrangIlustrasi petugas medis memeriksa kondisi pasien virus corona menggunakan APD. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Bukan hanya ODP saja yang meningkat, tetapi Pasien Dalam Pemantauan (PDP) juga ikut meningkat. Pada Selasa siang (24/3), Gubernur Riau Syamsuar mengumumkan ada 55 orang PDP.

Namun di malam harinya pada pukul 22.00 WIB, website pemantauan corona di Riau yang dikelola oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat sudah 60 orang yang masuk PDP.

Dari angka itu, sebanyak 43 pasien masih dirawat. Sementara 17 pasien sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Baca Juga: Pemprov Riau Akan Lakukan Rapid Test Corona untuk 1.000 Orang

2. Masih satu pasien positif corona di Riau

ODP Virus Corona di Riau Meningkat Tajam, Jumlahnya Jadi 2.438 OrangPetugas medis membawa seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terduga COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, Sumatera Utara, Rabu (18/3/2020). Saat ini pihak rumah sakit telah mengisolasi 10 orang PDP terduga COVID-19 dan tiga orang PDP telah dinyatakan negatif/sudah dipulangkan. ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Sebelumnya, juru bicara (jubir) pemerintah untuk menangani virus corona Achmad Yurianto, sempat mengumumkan bahwa sudah 2 orang yang positif terjangkit virus corona di Riau.

Namun hal ini disangkal oleh Dinas Kesehatan Provinsi Riau dengan membuat surat klarifikasi, Selasa (24/3). Bahwa pasien yang disebut oleh Achmad tersebut merupakan pasien pertama yang positif corona di Riau. Jadi tidak ada penambahan pasien positif di Riau.

3. Meningkat karena banyak warga pulang dari luar negeri

ODP Virus Corona di Riau Meningkat Tajam, Jumlahnya Jadi 2.438 OrangANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan, meningkatnya jumlah ODP dan PDP di Riau dikarenakan banyaknya warga Riau yang kembali setelah bepergian dari luar negeri. Paling banyak dari Malaysia.

Oleh karena itu, mereka yang masuk dalam ODP harus diisolasi di rumah agar tidak berinteraksi dengan khalayak ramai sehingga bisa menekan penyebaran virus ke masyarakat.

Baca Juga: Jumlah PDP di Riau Capai 55 Orang, ODP Sudah 1.823 Orang

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya