Comscore Tracker

Ratusan TKI dari Malaysia Tiba di Riau lewat Pelabuhan Dumai

Sudah 346 TKI pulang, akan otomatis berstatus ODP

Pekanbaru, IDN Times - Hingga Jumat (28/3), sudah 346 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia yang kembali ke tanah air melalui Pelabuhan Sri Junjungan, Kota Dumai, Provinsi Riau. Para TKI yang umumnya berasal dari sejumlah daerah di Pulau Sumatera ini, dilaporkan menumpang 3 kapal feri dengan rute Tanjung Balai Karimun - Dumai.

1. TKI lebih dulu berlabuh di Tanjung Balai Karimun

Ratusan TKI dari Malaysia Tiba di Riau lewat Pelabuhan Dumai(IDNTimes.com/dok.istimewa)

Sebelum masuk ke Riau lewat pelabuhan Dumai, para TKI dari negeri jiran tersebut lebih dulu berlabuh di Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk menjalani pemeriksaan medis.

Di mana, bagi TKI yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat, akan dikarantina di Pulau Galang untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Baca Juga: Hore! Pemprov Riau Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Karena Corona

2. Para TKI telah dibekali HAC, tapi tetap isolasi mandiri selama 14 hari karena berstatus ODP

Ratusan TKI dari Malaysia Tiba di Riau lewat Pelabuhan Dumai(IDNTimes.com/dok.istimewa)

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, para TKI yang transit di Dumai telah dibekali HAC (Health Alert Card) sebelum kembali ke kampung halaman.

"Artinya TKI yang sampai di Dumai ini sudah lolos pemeriksaan kesehatan dari Karimun dan mereka memegang Kartu HAC. Dan ketika sampai di daerahnya masing-masing, mereka otomatis berstatus sebagai ODP (Orang Dalam Pantuan) dan wajib isolasi mandiri selama 14 hari," tutur Syamsuar, Sabtu (28/3) di Pekanbaru.

3. Belum ada batas waktu untuk pemulangan TKI

Ratusan TKI dari Malaysia Tiba di Riau lewat Pelabuhan DumaiPenumpang melintasi bilik steril di Pelabuhan Semayang Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Syamsuar mengatakan, terkait pemulangan para TKI ini masih terus dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

"Masih terus berjalan, kita masih belum tahu sampai kapan. Selagi masih ada TKI dari Aceh sampai Lampung (yang kembali ke Indonesia) kita tampung. Jadi untuk TKI asal khususnya dari Sumatera, turunnya di Dumai. Dari Dumai, mereka disediakan bus untuk kembali ke kampung halaman masing-masing," pungkas Syamsuar.

Baca Juga: Riau Buka Akses untuk Pemulangan TKI dari Malaysia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya