Comscore Tracker

Terkenal Angker, Ini Kisah Mistis Gua Jepang di Klungkung

Ada makhluk yang suka ikut bonceng saat sepeda motor lewat

Klungkung, IDN Times - Gua Jepang yang terletak di Desa Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Bali, selain menjadi saksi sejarah penjajahan Negeri Sakura di Indonesia, banyak orang meyakini gua ini menjadi tempat kehidupan makhluk gaib.

Meski dikenal mistis, Gua Jepang ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya, dan akan dikembangkan menjadi objek wisata di Klungkung.

Seperti apa sejarah dan kisah mistis yang beredar di masyarakat? Berikut ulasannya.

1. Gua Jepang dibangun masyarakat setempat dengan sistem romusha atau kerja paksa

Terkenal Angker, Ini Kisah Mistis Gua Jepang di KlungkungIDN Times/Wayan Antara

Bendesa Pakraman Banjarangkan Anak Agung Gede Dharma Putra mengatakan, Gua Jepang ini dibangun pemerintah Jepang pada 1941-1942. Jepang menerapkan sistem romusha atau kerja paksa kepada masyarakat setempat membuat gua sebagai tempat perlindungan.

"Tujuannya adalah sebagai lokasi perlindungan dalam upaya mempertahankan diri dari serangan tentara sekutu di masa perang dunia kedua," kata Dharma.

Gua yang dibangun di sebelah barat Tukad Bubuh ini memiliki 16 lubang dengan kedalaman 14 meter. Lubang satu dengan yang lain saling berhubungan, dan berupa lorong memanjang dari utara ke selatan.

Baca Juga: 3 Museum di Kota Tua yang Terkenal Mistis, Sering Ada Suara Tangisan

2. Hasil panen masyarakat setempat dijarah tentara Jepang di depan gua ini

Terkenal Angker, Ini Kisah Mistis Gua Jepang di KlungkungIDN Times/Wayan Antara

Ada tragedi memilukan di Gua Jepang ini. Tragedi ini diceritakan secara turun menurun oleh penglingsir di Desa Banjarangkan. Setelah Gua itu selesai dibangun, tentara Jepang kerap menjarah hasil panen masyarakat setempat.

Tentara Jepang berlaku licik. Ketika masyarakat membawa hasil panen dari wilayah Kecamatan Dawan ke Kecamatan Banjarangkan dan sebaliknya, mereka dihentikan saat melintas di depan gue ini. Masyarakat dipaksa masuk ke dalam gua dan meninggalkan hasil panennya.

"Sampai saat ini Gua Jepang masih tetap lestari dan sesuai alaminya," kata Dharma.

3. Kerap ada penampakan dan kendaraan harus membunyikan klakson saat melintasi Gua Jepang

Terkenal Angker, Ini Kisah Mistis Gua Jepang di KlungkungIDN Times/PM:AM

Selain meninggalkan sejarah, Gua Jepang dikenal sangat mistis dan diyakini masyarakat setempat dihuni sosok makhluk tak kasat mata.

Dari cerita mulut ke mulut, masyarakat setempat kerap melihat sosok anak-anak bermain di sekitar gua. Bahkan, masyarakat pernah melihat sosok pria misterius memakai topi dari kukusan, yang biasanya digunakan menanak nasi.

“Beberapa orang konon sempat melihat sosok itu,” ujar Dharma.

Tak hanya itu, pengendara sepeda motor juga kerap merasa ada yang membonceng dan bebannya terasa berat saat melintasi Gua Jepang pada malam hari.

Ketika dilihat di spion, ternyata ada sosok makhluk yang duduk di belakangnya. Namun setelah melewati gua tersebut, beban kendaraan kembali ringan seperti semula.

"Maka itu, saat melintas di Gua Jepang diminta untuk menyalakan suara klakson kendaraan. Ini semacam permisi dengan makhluk yang juga diyakini tinggal di sekitar Gua Jepang," kisah Dharma.

4. Gua Jepang akan ditata sebagai objek wisata

Terkenal Angker, Ini Kisah Mistis Gua Jepang di KlungkungIDN TImes/PM:AM

Setelah ditetapkan sebagai cagar budaya, Pemerintah Kabupaten Klungkung juga akan menata kawasan Gua Jepang sebagai objek wisata secara bertahap.

Melalui Dinas Pekerjaan Umum, beberapa penataan telah dilakukan seperti pembuatan rest area dan penataan taman. Penataan ini diharapkan menambah daftar destinasi wisata di Klungkung daratan.

"Tentunya Pemkab yang saat ini tengah menata Gua Jepang, akan tetap terintegrasi dengan desa dinas dan desa pakraman setempat. Sehingga upaya ini bisa memberikan kontribusi positif, baik kepada daerah maupun masyarakat sekitar," kata Dharma.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topic:

  • Rochmanudin
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya