Comscore Tracker

Pendaki Gunung Batur di Bali Tewas Terperosok ke Jurang

Hati-hati ya kalau mendaki gunung

Bangli, IDN Times - Seorang pendaki Gunung Batur, Ida Bagus Andyka Eka Arcana Manuaba, meninggal dunia setelah terjatuh dari jurang berkedalaman puluhan meter saat mendaki pada Minggu (8/3). Pendaki tersebut asal Lingkungan Pasdalem, Kabupaten Gianyar, Bali.

Akibat insiden itu, Andyka mengalami cedera patah tulang leher, robek di bagian pipi kiri, dan luka lecet di dahi kiri.

1. Korban mendaki bersama delapan temannya

Pendaki Gunung Batur di Bali Tewas Terperosok ke Jurang(Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Bangli AKP Sulhadi mengatakan, korban mendaki bersama delapan temannya. Mereka berangkat dari Gianyar sekitar pukul 00.30 Wita, dan tiba di Pura Jati sekitar pukul 02.00 Wita.

Mereka kemudian melanjutkan pendakian bersama-sama. "Sekitar pukul 04.00 Wita, mereka sampai di puncak Gunung Batur. Saat sampai di puncak, kondisi masih gelap dan berkabut," kata Sulhadi.

Baca Juga: Gas Beracun di Musim Hujan, Pendaki Kawah Ijen Diimbau Waspada

2. Korban terpeleset ke jurang sedalam puluhan meter

Pendaki Gunung Batur di Bali Tewas Terperosok ke Jurang(Dok.IDN TImes/Istimewa)

Sesampai di puncak, korban bersama teman-temannya berencana istirahat dan menggelar tenda di pinggir tebing, tepatnya di sebelah kiri padmasana puncak Gunung Batur.

Namun korban terpeleset dan terjatuh ke jurang sedalam puluhan meter. Korban langsung mendapat pertolongan dari temannya, dibantu pendaki lainnya. Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Kehutanan yang menerima laporan, juga ikut mengevakuasi korban bersama masyarakat sekitar.

"Setelah berhasil dievakuasi, korban dibawa ke Puskesmas Kintamani I," kata Sulhadi.

3. Korban terluka di sekujur tubuhnya

Pendaki Gunung Batur di Bali Tewas Terperosok ke JurangIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Akibat kecelakaan itu, korban mengalami cedera parah di sekujur badannya. Berdasarkan pemeriksaan medis, korban mengalami cedera patah tulang leher, robek bagian pipi kiri, luka lecet di dahi kiri, lecet bagian punggung dan bokong.

"Korban kurang waspada sehingga mengalami kecelakaan. Korban kami perkirakan sudah dalam keadaan meninggal saat berada di TKP (tempat kejadian perkara). Jenazah korban sempat dibawa ke RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Bangli," kata dia.

Baca Juga: 5 Hal Ini Patut Kamu Syukuri Jika Cowok Kamu Seorang Pendaki Sejati

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya