Comscore Tracker

TKW Asal Cirebon Meninggal di Malaysia, Jatuh dari Lantai 14 

Jenazah korban sempat diautopsi

Cirebon, IDN Times - Berita duka datang dari negeri jiran. Seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) dilaporkan meninggal di Malaysia akibat jatuh dari lantai 14 sebuah apartemen saat bekerja.

TKI itu diketahui bernama Ratilah, berasal dari Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Hal ini diketahui dari surat keterangan kematian yang diterima pihak keluarga. Dalam surat itu tertulis bahwa Ratilah meninggal karena kecelakaan kerja, jatuh dari lantai 14 apartemen.

Meski menerima surat, namun keluarga korban tidak bisa meminta penjelasan secara detail tentang kronologi peristiwa yang merenggut nyawa ibu dua anak itu.

Baca Juga: Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara Dubai

1. Keluarga mendapat kabar dari KBRI melalui sambungan telepon

TKW Asal Cirebon Meninggal di Malaysia, Jatuh dari Lantai 14 Sepupu TKW korban kecelakaan kerja di Malaysia, Gilang menceritakan kematian Ratilah. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Menurut sepupu korban, Gilang, pihak keluarga hanya mendapat kabar dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) melalui sambungan telepon. Disampaikan bahwa Ratilah meninggal dunia pada Selasa (21/1) malam.

Setelah mendengar kabar itu, pihak keluarga menunggu informasi selanjutnya dari KBRI untuk kepulangan jenazah Ratilah di rumah duka Desa Gombang, Blok Sawah Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

"Jenazah Ratilah tiba di Cirebon pada Rabu malam didampingi (agen) PJTKI Cirebon. Jenazah dikebumikan pagi harinya," ujar Guntur, Kamis (23/1).

2. Keluarga ikhlas, meski tak puas soal penyebab kematian korban

TKW Asal Cirebon Meninggal di Malaysia, Jatuh dari Lantai 14 Sepupu TKW korban kecelakaan kerja di Malaysia, Gilang menceritakan kematian Ratilah. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Meski tidak puas dengan penjelasan kronologi kematian korban, pihak keluarga mengaku ikhlas atas musibah pahit yang dialami Ratilah. Saat ini, keluarga korban masih mengurusi berkas persyaratan hak dan asuransi korban.

Menurut Gilang, berdasarkan keterangan dari pihak PJTKI, korban meninggal pada Senin (2/1). Meski secara rinci belum mengetahui penyebab pastinya, diketahui bahwa selama berada di Malaysia, Ratilah berkerja sebagai pengasuh anak majikan yang masih balita. Namun, tidak dijelaskan penyebab jatuhnya Ratilah dari lantai 14 apartemen.

"Bisa saja mungkin karena terpeleset. Kasusnya sudah selesai dan jenazah diperbolehkan pulang," katanya.

3. Jenazah TKW Ratilah sempat diautopsi

TKW Asal Cirebon Meninggal di Malaysia, Jatuh dari Lantai 14 (Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Informasi dari pihak PJTKI dan agen serta KBRI, korban sempat diautopsi sehari setelah kejadian jatuh dari lantai 14 apartemen. Hasil autopsi itu menerangkan bahwa Ratilah meninggal murni akibat kecelakaan kerja. Pihak Kepolisian Malaysia pun langsung mengizinkan jenazah korban dibawa pulang ke Tanah Air.

"Jenazah sudah diautopsi. Kasusnya sudah dinyatakan selesai oleh Kepolisian Malaysia. Hasil autopsi murni kecelakaan kerja," katanya.

Gilang menyebutkan, korban berangkat ke Malaysia sejak Agustus 2019 lalu. Menurutnya, suami Ratilah sempat melarang kembali berkerja di Negeri Jiran. Sebab, Ratilah sebelumnya pernah bekerja selama delapan tahun di Abu Dhabi, Emirat Arab.

"Ya, mungkin ini sudah menjadi kehendak Tuhan, meninggal di luar negeri," katanya.

Baca Juga: Curhatan TKW Hong Kong untuk Jokowi: Kalau Bisa Jangan Jadi Babu Terus

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya