Kota di Jawa Timur Ini Dinobatkan Sebagai Paling Toleransi Beragama di Asean

Banggalah kamu yang tinggal di kota Jawa timur ini

10 bendera anggota ASEAN (Association South East Nation) beserta 1 bendera ASEAN telah resmi berkibar di Kota Jombang, Jawa Timur pada tanggal 2 Juni 2017. Tepatnya di kawasan Bundaran Ringin Contong, persimpangan jalan KH Wahid Hasyim, jalan Ahmad Yani, dan jalan KH Abdurrahman Wahid. 

Pengibaran ke-11 bendera tersebut disertai juga dengan peresmian Taman ASEAN. Pembuatan taman ini sebagai tanda predikat yang diterima kota Jombang sebagai The Most Harmonious City in ASEAN atau kota paling toleran di kawasan Asia Tenggara. Jombang adalah satu-satunya daerah yang memiliki Taman ASEAN di Indonesia, dikutip dari jatim.tribunnews.com.

Rangkaian kegiatan tersebut juga menandakan telah dimulainya acara ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) yang akan dilaksanakan di Jombang pada 28-30 Oktober 2017 mendatang. Kegiatan tersebut akan dihadiri 10 Negara ASEAN.

Yaitu Myanmar, Kamboja, Vietnam, Laos, Thailand, Malaysia, Singapura, Philipina dan Brunai Darussalam. Beserta delapan Mitra Negara ASEAN, diantaranya Korea Selatan, Cina, Jepang, Australia, New Zealand, Kanada, serta India.

Dipilihnya kota Jombang sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asean Youth Camp 2017 karena memiliki sejarah panjang yang menjunjung tinggi dan menghormati keberagaman. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan toleransi antar umat beragama yang terus berjalan baik di kota ini sampai sekarang.

Diharapkan melalui event besar tersebut, negara Indonesia, khususnya Kota Jombang bisa menjadi pelopor tentang pemersatu budaya dan ras.

Tri Wardhani Wulan S Photo Writer Tri Wardhani Wulan S

A beautiful life does not just happen, its is built daily by prayer, hard work, sacrifice, and love.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya