Sajikan Makanan dalam Sepatu, Pertemuan PM Israel dan Jepang Bikin Gempar

Dianggap hinaan dalam budaya Jepang

Tel Aviv, IDN TIMES - Warga, diplomat dan pengamat masalah Jepang dibuat terkaget-kaget dengan sajian tutup mulut yang disajikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kepada PM Jepang Shinzo Abe dalam kunjungan kenegaraannya di awal bulan Mei lalu.

Sajian makan malam yang dimasak oleh Chef Israel terkenal Moshe Segev yang juga merupakan chef pribadi PM Benjamin Netanyahu tidak menimbulkan kehebohan sampai sajian tutup mulut dihidangkan.

1. Dessert coklat praline disajikan dalam sepatu

Sajikan Makanan dalam Sepatu, Pertemuan PM Israel dan Jepang Bikin GemparInstagram/@segevmoshe

Ini disebabkan karena dessert coklat praline disajikan di atas sepatu yang terbuat dari metal, yang merupakan hal yang tabu dalam budaya Jepang, demikian dilansir dari RT.

Dalam foto yang diunggah oleh Sang Super Chef di akun Instagram miliknya, tampak PM Jepang Shinzo Abe dan istrinya yang didampingi oleh PM Israel Benjamin Netanyahu dan istrinya Sara Netanyahu tampak tenang dengan sajian ini.

Seorang diplomat Israel yang sempat bertugas di Jepang menyebutkan bahwa tindakan ini merupakan sebuah langkah yang bodoh dan tidak sensitif, demikian dilansir dari Jerusalem Post dengan mengutip media berbahasa Yahudi, Yedioth Aharonot.

2. Budaya Jepang menabukan sepatu apalagi di atas meja makan

Sajikan Makanan dalam Sepatu, Pertemuan PM Israel dan Jepang Bikin Gempartwitter.com/@AviMayer

Menurut Sang Diplomat tidak ada hal yang lebih dibenci dalam budaya Jepang kecuali sepatu.

Bukan saja sepatu tidak diizinkan untuk memasuki rumah, sepatu juga tidak ditemukan dikantor mereka. Bahkan PM, menteri dan anggota parlemen tidak mengenakan sepatu saat bekerja, demikian dilansir dari Business Insider.  

Tidak diketahui maksud dari Chef Moshe Segev melakukan hal ini, namun tindakannya telah menimbulkan kegemparan di berbagai kalangan di kedua negara.

Seorang diplomat Jepang yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan bahwa langkah ini sama sekali tidak lucu dan telah menyinggung perasaan perdana menteri mereka.

3. Moshe Segev merupakan chef terkenal di Israel

Sajikan Makanan dalam Sepatu, Pertemuan PM Israel dan Jepang Bikin GemparInstagram/@segevmoshe

Sementara pengguna Instagram menanggapi postingan Moshe Segev dengan menyebut bahwa Chef tersebut telah melakukan blunder dan seharusnya merasa malu.

Moshe Segev merupakan seorang pemilik restoran terkenal yang memenangkan banyak penghargaan, penulis dan selebriti TV yang sekaligus head chef El Al Airlines, demikian dilansir dari Jerusalem Post.

Kunjungan Shinzo Abe ke Israel kemarin merupakan kunjungan keduanya, di mana dia mengunjungi Israel tahun 2015. 

Dalam kunjungan kali ini keduanya diberitakan membicarakan isu-isu seperti Korea Utara, kesepakatan nuklir Iran dan negosiasi damai antara Israel-Palestina.

y d margalay Photo Verified Writer y d margalay

Happiness is a conscious choice, not an automatic response

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya