Comscore Tracker

5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul Fitri

Umat muslim disunahkan makan sebelum salat Idul Fitri

Yogyakarta, IDN Times - Bulan suci Ramadan 1442 H telah sampai pada hari penghujung. Besok, Kamis (13/5/2021) menjadi penanda awal masuknya Syawal. Artinya, umat Islam di seluruh muka bumi akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Ada beberapa sunah yang dapat dilakukan umat muslim sebelum, sesaat, dan sesudah melaksanakan salat Idul Fitri berjemaah. Sunah-sunah Nabi Muhammad SAW ini disampaikan Ustaz Adi Hidayat pada kanal YouTube Adi Hidayat Official, Selasa (11/5/2021).

Baca Juga: Niat Salat Id, Tata Cara dan yang Disunnahkan Sebelum Salat Idul Fitri

1. Menyiapkan pakaian terbaik dan menggunakan parfum bagi laki-laki

5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul FitriSuasana salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Jami An Nur Kramat, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020). Pelaksanakan shalat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Sunah Rasulullah SAW pertama yang disampaikan ustaz Adi Hidayat adalah hendaknya menyiapkan pakaian terbaik untuk salat Idul Fitri. Ia menyebut dalam sebuah hadis Nabi yang artinya, "Kami diperintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengenakan pakaian terbaik yang bisa kami dapati."

Selain itu, umat Islam, khususnya laki-laki, dianjurkan menggunakan parfum. Tujuannya bukan hanya sekadar untuk tampil wangi, melainkan tampil ihsan atau baik di hadapan Allah SWT. Sedangkan, untuk perempuan sah-sah saja asal tidak menebarkan wangi yang berlebihan dan menjadi perhatian yang berlebih.

Baca Juga: Niat Salat Id, Tata Cara dan yang Disunnahkan Sebelum Salat Idul Fitri

2. Makan terlebih dahulu sebelum berangkat salat Idul Fitri

5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul FitriIlustrasi Salat Id (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Ustaz Adi Hidayat menyampaikan makan sebelum berangkat salat Idul Fitri sesuai hadis Imam Ahmad, adalah kebiasaan yang juga dilakukan Nabi Muhammad SAW. Setelah subuh, umat Islam dianjurkan makan terlebih dahulu.

Hal ini berarti menunjukkan pada hari itu umat Islam sudah tidak puasa. Maka dari itu, bagi orang-orang yang tidak memiliki makanan, akan disiapkan pengurus zakat untuk menerima zakat fitrah.

"Makan dalam sunah ini tidak diharuskan kenyang. Lebih baik sekiranya saja dan tidak terlampau kenyang yang bisa mengganggu kekhusyukan salat Ied," ujar ustaz Adi Hidayat.

Baca Juga: Doa Akhir Ramadan Sesuai Ajaran Rasulullah, Sambut Idul Fitri 2021

3. Berangkat ke tempat salat dengan berjalan kaki sambil bertakbir

5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul Fitri(Dok IDN Times)

Sunah lainnya adalah berangkat ke masjid atau tanah lapang dengan berjalan kaki, namun tidak bisa dilihat sekadar tekstual. Dahulu, jarak rumah Nabi Muhammad SAW dengan masjid cukup dekat. Artinya, umat Islam harus menyesuaikan kondisinya masing-masing.

"Hal yang dimaksud dalam sunah tersebut apabila jarak rumah seorang muslim dengan masjid cukup dekat," jelas ustaz Adi Hidayat.

Selain itu, ketika berangkat ke tempat salat Idul Fitri, dianjurkan mengucapkan takbir. Ustaz Adi Hidayat mengatakan, umat Islam harus bangga dan jangan setengah-setengah dalam melafalkan takbir, sebab itu adalah bentuk syiar.

Baca Juga: Bacaan Takbir Pendek dan Panjang, Keutamaan Takbiran di Idul Fitri

4. Saat pulang salat Idul Fitri, ambil jalan yang berbeda sambil bertakbir kembali

5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul FitriUmat muslim melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/pras.

Hadis Abu Hurairah menyebutkan ketika umat muslim pulang dari salat Idul Fitri, dianjurkan mengambil jalan yang berbeda dengan jalan berangkat ke masjid. Namun, hal itu dilakukan apabila ada jalan alternatif.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan maksud mengambil jalan berbeda, tak lain karena semangat dari sunah ini adalah agar mengunjungi dan menyapa tetangga-tetangga di sekitar rumah, tak terkecuali yang beragama Nasrani, Hindu, dan agama-agama yang lain.

Hadis Imam Bukhari menyebutkan umat Islam diperintahkan Nabi Muhammad SAW menyemarakkan Idul Fitri. Nabi memerintahkan para sahabat menata tempat salat, termasuk memberi ruang bagi perempuan yang sedang datang bulan dan anak-anak untuk bermain.

"Siapkan kenyamanan bagi semua kalangan, sehingga dapat menyemarakkan dan bergembira pada hari Idul Fitri," kata ustaz Adi Hidayat.

5. Waktu untuk salat Idul Fitri boleh direnggangkan dan tak terburu-buru

5 Sunah yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum dan Sesudah Salat Idul FitriIlustrasi salat Idul Fitri (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Ustaz Adi Hidayat mengatakan saat salat Idul Fitri, lebih baik waktunya direnggangkan. Berbeda dengan Idul Adha yang harus cepat agar menyediakan waktu untuk menyembelih hewan kurban.

Ia menjelaskan karena Idul Fitri yang lebih baik makan terlebih dahulu, waktu pelaksanaannya bisa direnggangkan sekitar dua tombak atau 30 menit. Namun, tetap jangan terlampau terik.

Pelaksanaannya bisa dilangsungkan di tempat luas dan terbuka atau tanah lapang. Ustaz Adi Hidayat mengatakan dalam hadis, Nabi ketika salat berjemaah yang mengundang banyak orang, kemudian merekomendasikan tempat atau lapangan yang luas dibanding di masjid.

Namun, hal tersebut menyesuaikan kondisi. Apabila dalam sebuah masjid lebih luas dibanding lapangan yang ada, tetap diutamakan salat di masjid. Sama halnya ketika terjadi peristiwa alam seperti hujan, dianjurkan langsung pindah ke dalam masjid.

Baca Juga: 5 Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya