#MayDay Trending di Twitter, Netizen Gugah Semangat Buruh

Tercatat lebih dari 40 ribu twit yang gunakan tagar #MayDay

Yogyakarta, IDN Times - Hari Buruh Internasional selalu diperingati setiap tanggal 1 Mei. Di Indonesia, Hari Buruh atau May Day biasanya diperingati dengan aksi demonstrasi para buruh yang turun ke jalan untuk menuntut pemenuhan hak-hak mereka.

Namun tak hanya itu, May Day juga diramaikan oleh para netizen di media sosial Twitter. Netizen ramai-ramai mengunggah twit yang berisi ucapan, harapan, dan semangat bagi para buruh di Indonesia.

Mereka menyematkan tagar #MayDay pada setiap twitnya. Alhasil, tagar tersebut masuk trending Twitter sejak pagi hari hingga saat ini. Tercatat saat artikel ini dibuat, terdapat 46 ribu twit yang menggunakan tagar tersebut.

Baca Juga: Begini Sejarah 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia

1. Berbagai ucapan Selamat Hari Buruh disampaikan netizen

#MayDay Trending di Twitter, Netizen Gugah Semangat BuruhLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Netizen mengunggah twit-twit yang berisi ucapan selamat hari buruh dengan menyertakan tagar #MayDay. Misalnya, pada akun Twitter @amnestyindo yang mengunggah twit yaitu:

Selamat #HariBuruh! Apapun pekerjaannya, semua pekerja/buruh berhak atas kondisi kerja yang aman, adil, dan layak serta bebas dari diskriminasi. Mari terus desak perlindungan hak pekerja/buruh untuk hidup sejahtera! #mayday #hariburuh #hariburuhinternasional

Twit tersebut hingga artikel ini dibuat sudah disukai hampir 200 akun.

Selain itu, salah satu netizen dengan akun bernama @dendy_pra99, berkicau di akun Twitter-nya, yakni sebagai berikut.

Selamat Hari Buruh Internasional Kerja sewajarnya, jangan lupa istirahat. Kesehatanmu itu loh penting. Jangan jadikan cuanmu malah jadi duka keluargamu dan membuat HRD sibuk cari penggantimu. Tipes bukan upahmu, jadi Sayangi tubuhmu:)

2. Netizen tulis kalimat-kalimat yang gugah semangat buruh

Baca Juga: 3 Alasan Isu Pengupahan Selalu Jadi Tuntutan Buruh saat May Day 

#MayDay Trending di Twitter, Netizen Gugah Semangat BuruhIlustrasi aktivitas buruh di salah satu pabrik kopi di Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Di samping itu, netizen juga merespons peringatan Hari Buruh Internasional dengan membuat kalimat yang menggugah semangat pekerja dan buruh. Misalnya, sebuah akun bernama @jusdalle mengunggah twit yang isinya: 

Kita adalah sekrup-sekrup kapitalisme yang pandai menghibur diri atas nama karir dan pencapain-pencapaian fana, #MayDay

Lain halnya dengan akun bernama @_hayhus yang menyebut Marsinah dalam twitnya. Ia menyebut:

Marsinah sudah tiada, tetapi jiwanya akan selalu berlipat ganda! #MayDay

Untuk diketahui, Marsinah adalah seorang aktivis sekaligus buruh di PT Catur Putera Surya, pabrik arloji di Jawa Timur. Ia ditemukan tewas mengenaskan usai beberapa hari memperjuangkan hak-hak rekan kerjanya agar mendapat gaji yang layak.

3. Buruh nakes ikut keluhkan insentif yang tak kunjung turun

#MayDay Trending di Twitter, Netizen Gugah Semangat BuruhIlustrasi tenaa kesehatan (ANTARA FOTO/Fauzan)

Peringatan Hari Buruh Internasional juga dirasakan oleh tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia. Sebuah akun Twitter bernama @emerpeee mengeluhkan insentif untuk nakes yang tak kunjung ada kabarnya. Dalam twitnya, ia juga menyebut akun Twitter @KemenkesRI.

Selamat hari Buruh untuk para Nakes yang masih menanti kabar insentif. @KemenkesRI
Ingat, nakes juga butuh cuan supaya bisa tetap bekerja. "Kasus meningkat, insentif tak lekat. Tolonglah jangan jahat." ~ #MayDay #hariburuh

Twit ini sudah di-retweet oleh lebih dari seratus akun dan disukai hampir 200 akun Twitter.

Baca Juga: Di Tengah Pandemik, 50 Ribu Buruh Bakal Gelar Aksi May Day Besok 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya