Profil Kepala BIN Papua yang Gugur Ditembak KKB

IGP Danny belum genap satu tahun menjabat Kabinda Papua

Yogyakarta, IDN Times - Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dinyatakan meninggal dunia, usai ditembak oleh terduga Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Minggu, 25 April 2021. IGP Danny ditembak saat meninjau lokasi pembakaran yang diduga dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“Saat ini telah dilaksanakan proses evakuasi dari lokasi kejadian dan besok pagi direncanakan akan dibawa ke Timika, yang kemudian diterbangkan ke Jakarta guna dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata,” kata Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto lewat keterangan tertulisnya, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: KKB Tembak Kepala BIN Papua, Jokowi: Tak Ada Tempat bagi Mereka! 

1. IGP Danny menjabat sebagai Kabinda Papua sejak Juni 2020

Profil Kepala BIN Papua yang Gugur Ditembak KKBIlustrasi Pulau Papua (IDN Times/Mardya Shakti)

Brigjen TNI IGP Danny Karya Nugraha diangkat menjadi Kabinda Papua pada Juni 2020. Berdasarkan mutasi jabatan sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/503/VI/2020 tanggal 18 Juni 2020, pria kelahiran Bali ini ditunjuk sebagai Kabinda Papua menggantikan Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon.

Sebelumnya, Brigjen TNI IGP Danny menjabat sebagai Pamen Denma Markas Besar TNI AD dengan pangkat Kolonel Infantri.

2. Presiden Jokowi menaikkan pangkat IGP Danny

Baca Juga: Jenazah Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Dievakuasi ke Timika

Profil Kepala BIN Papua yang Gugur Ditembak KKBPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/Handout

Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat kepada Kabinda IGP Danny Karya Nugraha. IGP Danny akan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jenderal.

Presiden Jokowi juga mengucapkan duka mendalam atas gugurnya IGP Danny saat menjalankan tugasnya di Papua.

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian, serta pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Menaikkan Pangkat Kepala BIN Papua yang Gugur Ditembak KKB

3. Terjadi kontak tembak dengan KKB yang menyebabkan IGP Danny gugur

Profil Kepala BIN Papua yang Gugur Ditembak KKBIlustrasi Penembakan (IDN Times/Arief Rahmat)

IGP Danny Karya Nugraha gugur dalam kontak tembak dengan KKB Papua di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Kejadian itu bermula saat patroli Satgas BIN bersama Satgas TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dihadang KKB Papua, sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

Akibat kontak tembak tersebut, IGP Danny tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian.

“Gugurnya Kabinda Papua merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional,” kata Wawan.

Baca Juga: [BREAKING] Kepala BIN Daerah Papua Tewas Ditembak KKB

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya