Comscore Tracker

Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Airlangga Sebut Jokowi Great Leader 

Airlangga raih gelar Doktor Honoris Causa dari KDI

Bandung, IDN Times - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut Presiden Joko "Jokowi" Widodo sebagai great leader. Hal ini disampaikan Airlangga dalam pidatonya saat mendapat gelar doktor honoris causa dari Korea Development Institute (KDI), School of Public Policy and Management.‎

Airlangga menerima gelar doktor honoris causa, Rabu (26/6), di Lincoln Hall, KDI School waktu setempat. Dalam pidatonya, Airlangga mengusung tema pengembangan kebijakan industri 4.0.

Orasi ilmiah ini dihadiri ratusan tamu terdiri dari dosen, guru besar, warga Korea Selatan, dan diaspora Indonesia, termasuk pelajar dan pekerja.

Baca Juga: Jokowi Jadi Lead Speaker di KTT G20 Osaka, Ini 4 Topik Pilihannya

1. Jokowi mentor terbaik

Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Airlangga Sebut Jokowi Great Leader Presiden Jokowi

Ketua DPD Golkar Jabar Dedi Mulyadi menyebutkan, dalam pidato yang disampaikan Airlangga dengan mengusung tema pengembangan kebijakan industri 4.0, dia sempat menyinggung Presiden Jokowi.

"Saya mencermati paparan ilmiahnya, Pak Airlangga sempat menyebut Presiden RI  Joko Widodo (Jokowi) great leader yang telah memberi banyak hal positif untuk Indonesia. Bagi Pak Airlangga, Pak Jokowi adalah mentor terbaik," ujar Dedi mengutip apa yang disampaikan Airlangga. 

2. Kembangkan teknologi 4.0 di Indonesia

Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Airlangga Sebut Jokowi Great Leader IDN Times/istimewa

Berkaitan dengan pengembangan teknologi 4.0, kata Dedi, Airlangga juga menyebut Joko‎wi adalah sosok yang memberi dukungan pada Airlangga untuk melahirkan konsep Making Indonesia 4.0 pada April 2018.

"Beliau bangga jadi bagian dari kabinet Pak Jokowi. Begitu juga kami sebagai kader Partai Golkar yang juga bangga terhadap Pak Jokowi," ujar Dedi. 

Dedi mengatakan, selama ini ia meyakini kemajuan sebuah bangsa membangun peradaban salah satunya lewat bahasa. Airlangga juga menyingung soal itu saat membahas tren K-Pop yang awalnya hanya sebatas tren musik boy band, namun saat ini semakin meluas jadi segala hal berhubungan dengan Korea Selatan.

Dedi mencontohkan fashion, kosmetik, film drama, artis Korea Selatan, dan segala hal terkait budaya Korea Selatan.

"Pak Airlangga menyinggung K-Pop, sebuah tren baru dalam hiburan, musik yang digandrungi banyak orang di Indonesia. ‎Bahkan Pak Airlangga menyampaikan bahwa boy band K-Pop asal Korea Selatan tampil dalam pembukaan Asian Games. Kami sama-sama meyakini, Korea Selatan mampu membangun kemajuan peradabannya lewat budaya, terbukti dalam tren K-Pop tersebut," ujarnya.

"Kami juga berkeyakinan, Indonesia punya modal budaya dan kearifan lokal untuk membuat kemajuan peradaban bangsa kami," ujar Dedi.‎

3. Bakal tingkatkan kerja sama

Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Airlangga Sebut Jokowi Great Leader IDN Times/Yogi Pasha

Pada bahasan lain, Airlangga juga menyampaikan soal kerja sama antar pemerintah yang sudah menjalin kerja sama industri antara Kementerian Perindustrian RI dan Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea.

Dedi juga mengungkapkan, Airlangga mempromosikan kemajuan Indonesia dalam bidang teknologi yang memengaruhi banyak hal. 

"Di hadapan para tamu, Pak Airlangga menyebut empat dari tujuh unicorn di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Dua di antaranya Gojek dan Tokopedia akan menjadi decacorn. Mereka berkontribusi hingga USD 10 miliar dan akan meningkat pada 2025 hingga USD 150 miliar," ujar Dedi. 

Baca Juga: Airlangga: Industri Manufaktur Meningkat Usai Pemilu

Topic:

  • Sunariyah

Just For You