Comscore Tracker

Klaster Secapa AD di Bandung, 1.262 Siswa Terinfeksi COVID-19

Jawa Barat menjadi daerah dengan penambahan kasus terbanyak

Bandung, IDN Times - Provinsi Jawa Barat menjadi daerah penyumbang jumlah kasus baru  COVID-19 terbanyak. Tak tanggung-tanggung kasus harian Jawa Barat hari ini menyentuh angka 962 kasus.

Jumlah inilah yang kemudian membuat rekor baru penambahan kasus positif COVID-19 di Indonesia. 

"Terjadi penambahan 2.657 kasus baru. Sehingga sekarang totalnya menjadi 70.736 kasus," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Kasus penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat bertambah signifikan setelah adanya temuan klaster baru di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Jalan Hegarmanah, Kota Bandung. Klaster baru itu menjadi penyumbang terbesar kasus positif terkonfirmasi virus corona.

Yuri menyebutkan, penambahan terbanyak di Jawa Barat ini berasal dari Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) dengan jumlah 1.262 orang terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19. Kasus tersebut telah terkonfirmasi setelah dilakukan penyelidikan epidemiologi sejak 29 Juni 2020.

"Dari klaster Secapa AD, kita dapatkan kasus positif secara keseluruhan sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana," ujar Yuri.

Dia mengungkapkan, dari 1.262 orang kasus positif yang berhasil diidentifikasi, hanya ada 17 orang yang dirawat dan isolasi di Rumah Sakit Dustira, Kota Cimahi karena mengalami gejala meskipun ringan.

"Beberapa di antara mereka ada yang demam dan ada juga yang mengeluh di pernafasannya. Baik batuk maupun agak sesak. Sementara sisanya, tanpa keluhan apapun," kata dia. 

Baca Juga: [BREAKING] Rekor Baru! Kasus COVID-19 Naik 2.657, Ini Sebarannya

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya