[BREAKING] Klaster Secapa AD di Bandung, 1.262 Siswa Positif COVID-19

Penambahan kasus corona terbesar ada di Jabar hari ini

Bandung, IDN Times - Kasus penyebaran virus corona atau COVID-19 di Jawa Barat bertambah signifikan. Penemuan klaster baru di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Jalan Hegarmanah, Kota Bandung menjadi penyumbang terbesar kasus positif terkonfirmasi virus corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan, lasus harian virus corona mencatatkan rekor baru. Per Kamis (9/7/2020) sore, terjadi penambahan 2.657 kasus baru.

"Sehingga sekarang totalnya menjadi 70.736 kasus," kata Yuri.

Angka ini memecahkan rekor penambahan kasus harian pada Rabu, 8 Juli 2020 sebanyak 1.853 kasus.

Jawa Barat menjadi penyumbang kasus harian terbanyak dengan 962 kasus, diikuti Jawa Timur 517 kasus baru dan DKI Jakarta 238 kasus baru.

Yuri menyebutkan, penambahan terbanyak di Jawa Barat ini berasal dari Pusat Pendidikan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) dengan jumlah 1.262 orang terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19. Kasus tersebut telah terkonfirmasi setelah dilakukan penyelidikan epidemologi sejak 29 Juni 2020, lalu.

"Dari klaster Secapa AD, kita dapatkan kasus positif secara keseluruhan sebanyak 1.262 orang. Ini terdiri dari peserta didik dan beberapa tenaga pelatih yang ada di sana," ujar Yuri.

Dia mengungkapkan, dari 1.262 orang kasus positif yang berhasil didentifikasi, hanya ada 17 orang yang dirawat dan isolasi di Rumah Sakit Dustira, Kota Cimahi karena mengalami gejala meskipun ringan.

"Beberapa diantara mereka ada yang demam dan ada juga yang mengeluh di pernafasannya. Baik batuk maupun agak sesak. Sementara sisanya, tanpa keluhan apapun," kata dia. 

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya