Comscore Tracker

Ada Sunda Empire, Wali Kota Bandung Oded M Danial: Jangan Bikin Gaduh!

Wali kota minta warga jaga kondusivitas 

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial ikut bicara soal Sunda Empire yang bikin heboh warga Bandung, Jawa Barat. Oded sendiri belum tahukeberadaan kelompok ini. Namun ia memberi peringatan tegas.

 

1. Oded minta Sunda Empire jangan bikin gaduh

Ada Sunda Empire, Wali Kota Bandung Oded M Danial: Jangan Bikin Gaduh!(Tangkapan Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded menyebutkan, sebagai kepala daerah dirinya meminta agar kelompok Sunda Empire tidak membuat kegaduhan di Kota Bandung.

"Bagi saya sebagai kepala daerah yang terpenting siapapun, saya berharap jangan membuat kegaduhan," kata Oded saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (17/1).

2. Pemkot Bandung belum ketahui keberadaan Sunda Empire

Ada Sunda Empire, Wali Kota Bandung Oded M Danial: Jangan Bikin Gaduh!IDN Times/Yogi Pasha

Oded mengaku, belum mengetahui keberadaan kelompok Sunda Empire di Kota Bandung. Dirinya telah menginstruksikan Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) untuk menelusuri jejak kelompok tersebut.

"Belum tahu. Tapi, saya sudah ngobrol juga dengan Kesbangpol, Kesbangpol-lah nanti dengan semuanya akan melihat itu," ujar Oded.

3. Polda Jabar turun tangan selidiki keberadaan Sunda Empire

Ada Sunda Empire, Wali Kota Bandung Oded M Danial: Jangan Bikin Gaduh!IDN Times/Azzis Zulkhairil

Munculnya "Kekaisaran" Sunda Empire di media sosial sempat membuat heboh netizen. Kelompok ini bahkan diyakini tidak jauh dengan munculnya "Raja dan Ratu" Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Timur.

Menanggapi hal tersebut Polda Jabar mengaku telah menurunkan tim dari Direktorat kriminal Umum (Dikreskimum) untuk menelusuri keberadaan Sunda Empire.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar, Komisaris Besar Saptono Erlangga mengatakan saat ini kelompok Sunda Empire menjadi sorotan Polda Jabar. 

"Jadi atensi kami. Saat ini jajaran Ditreskrimun Polda Jabar mendalami dan melakukan penyelidikan," ujarnya saat dihubungi, 

4. Sunda Empire sudah eksis sejak 2017

Ada Sunda Empire, Wali Kota Bandung Oded M Danial: Jangan Bikin Gaduh!Dok. IDN Times/Istimewa

Kehadiran Sunda Empire sempat membuat heboh dunia maya beberapa hari terakhir. Selain diduga tidak memiliki kejelasan sejarah, kelompok ini nyaris sama dengan pelaku penipuan Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Berdasarkan penelusuran, kelompok Sunda Empire pernah muncul di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Mereka menyewa salah satu ruangan yang ada di kampus tersebut untuk berkumpul. Bahkan, dalam postingan media sosial Sunda Empire, kelompok ini juga sempat melakukan upacara dan foto bersama di depan Gedung Isola, UPI.

Kepala Seksi Eksternal Hubungan Kelembagaan UPI, Yana Setiawan mengatakan, dari catatan yang dimilikinya, Sunda Empire pernah meminjam Balai Pertemuan untuk dilaksanakan kegiatan pada 8 Maret 2017. Namun, izin peminjaman menurut Yana peruntukannya untuknkegiatan halal bihalal.

"Izin mereka meminjam Balai Pertemuan untuk halal bihalal. Atas namanya Panitia Pembangunan Kota Bandung. Tentang apa aja kegiatannya kita gak tahu di dalam ruangan," ungkapnya.

5. Polda Jabar sudah terima postingan Sunda Empire sejak tahun lalu

Ada Sunda Empire, Wali Kota Bandung Oded M Danial: Jangan Bikin Gaduh!IDN Times/Azzis Zulkhairil

Berbeda dengan UPI, Polda Jabar mengaku sudah mengendus keberadaan kelompok ini sejak tahun lalu. Bahkan, postingan kelompok Sunda Empire baru ramai diperbincangkan publik beberapa hari terakhir ini.

"Kami sudah terima informasi ini, postingan video di Youtube sudah setahun lalu, baru munculnya sekarang," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga saat dihubungi IDN Times, Jumat(17/1).

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya