Pesawat Merupakan Transportasi Paling Aman Lho

Kamu tidak perlu takut naik pesawat ya guys...

Jakarta, IDN Times - Banyak kecelakaan yang melibatkan penerbangan, mulai dari tergelincir hingga jatuh ke laut. Terbaru, kecelakaan Lion Air JT 610 di Tanjung Karawang, Jawa Barat yang membawa 189 penumpang. 

Pesawat yang lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pada Senin pagi (29/10) pukul 6.20 WIB, jatuh setelah 13 menit mengudara. 

Kecelakaan pesawat itu tak pelak membuat calon penumpang mengkhawatirkan keselamatan penerbangan mereka. Namun, kamu sebetulnya tidak perlu sekhawatir itu.  

Tahukah kamu, pesawat masih menjadi salah satu transportasi paling aman di dunia lho.

1. Peluang meninggal yang sedikit

Pesawat Merupakan Transportasi Paling Aman LhoPixabay

Menurut website National Safety Council (NSC) peluang meninggal saat berpergian menggunakan pesawat adalah 1:9.821. 

Menurut data tahun 2014 dari Departemen of Transportation (DOT) Amerika dan National Transportation Safety Board ada 444 kematian terkait penerbangan dan Bureau of Transportation Statistics menyatakan ada 848,1 juta penumpang pesawat yang terbang dari dan menuju Amerika.

 Bandingkan dengan kemungkinan pengendara sepeda motor meninggal dengan perbandingan 1:114. Berkendara dengan mobil pun masih memiliki peluang meninggal yang cukup tinggi, meski tidak separah sepeda motor. 

Perbandingan peluang pengguna mobil untuk meninggal dalam kecelakaan adalah 1:654, demikian dikutip dari situs travelandleisure.com.

Baca Juga: Keluarga Penumpang Lion Air JT 610 Berharap Masih Ada Mukjizat

2. Tahun 2017 menjadi tahun yang aman

Pesawat Merupakan Transportasi Paling Aman LhoPixabay

Menurut data dari media The National tahun 2017 menjadi tahun yang aman bagi dunia penerbangan. Tidak ada penerbangan yang menelan korban jiwa di tahun 2017. 

Namun hal yang terbalik terjadi pada 2018, dalam tiga bulan pertama pada 2018 sudah ada 200 korban jiwa terkait dengan penerbangan dalam empat kali kecelakaan di seluruh dunia.

3. Jumlah pilot lebih sedikit

Pesawat Merupakan Transportasi Paling Aman LhoPixabay

Menurut website Quora jumlah pilot jauh lebih sedikit dibanding dengan jumlah pengendara mobil, motor, atau bus. Syarat menjadi pilot juga lebih tinggi dan sulit dibandingkan menjadi supir mobil, bus dan motor. 

Keamanannya pun juga mengikuti standar yang sudah ditetapkan lalu untuk pengembangannya sendiri, pesawat lebih banyak menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Pencarian Lion Air JT 610 Selama 24 Jam

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya