Serbuk Kopi Cap Luwak Terbakar? Ini Penjelasan dari Badan POM

Kritisi semua informasi yang ada di media sosial

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini beredar video di media sosial seorang pria membakar bubuk kopi merek tertentu. Beredarnya video ini di jaringan media sosial yang meresahkan masyarakat, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) langsung memberikan penjelasan mengenai Kopi cap Luwak tersebut.

1. Telah Melalui Evaluasi Keamanan dan Mutu

Serbuk Kopi Cap Luwak Terbakar? Ini Penjelasan dari Badan POMbigbendcoffeeroasters.com

Dalam situs www.pom.go.id, BPOM menjelaskan bahwa Kopi cap Luwak tersebut masuk ke kategori minuman serbuk kopi gula primer dengan komposisi gula, krimer nabati, dan kopi bubuk instan. BPOM telah mencek keamanan dan mutu dari kopi tersebut dan telah mencapatkan nomor izin edar. 

Apabila BPOM telah melakukan evaluasi keamanan, mutu dan gizi pangan pada semua produk makanan dan minuman termasuk semua bahan yang digunakan untuk membuat pangan sebelum produk atau bahan tersebut diedarkan. Jika suatu produk telah mendapatkan nomor izin edar BPOM RI, maka produk tersebut aman untuk dikonsumsi masyarakat.

2. Bubuk Kopi Terbakar

Di situs yang sama, BPOM menjelaskan bahwa serbuk kopi tersebut bisa terbakar karena berbentuk bubuk, ringan dan berpartikel halus selain faktor tersebut, serbuk kopi itu juga memiliki kandungan minyak dan memiliki kadar air yang rendah, hal-hal tersebut lah yang membuat serbuk kopi itu mudah terbakar dan menyala.

3. Cek KLIK

Serbuk Kopi Cap Luwak Terbakar? Ini Penjelasan dari Badan POMSetkab.go.id

Masyarakat dapat cek "KLIK" (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kedaluwarsa) sebelum membeli dan mengonsumsi obat dan makanan atau minuman. Pastikan jika ingin mengonsumsi bahwa kondisi produk baik, baca informasi pada labelnya, pastikan memiliki izin edar dari BPOM RI dan tidak melebihi masa kedaluwarsa.

4. Produk yang Mudah Terbakar Namun Aman

Serbuk Kopi Cap Luwak Terbakar? Ini Penjelasan dari Badan POMPixabay

Selain bubuk kopi tersebut, ada banyak bahan pangan lainnya yang muda terbakar, yaitu terigu, merica bubuk, cabe bubuk, putih telur, susu bubuk, pati jagung, biji-bijian, kentang. Meskipun mudah terbakar namun bukan berarti bahwa produk-produk tersebut tidak aman.

Pintar-pintar ya guys!

Baca Juga: VIDEO VIRAL: Heboh, Kuntilanak Nongol Saat Clubbing Berlangsung, Benarkah?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya