Comscore Tracker

4 Rekomendasi Rakernas II PDIP untuk Pemenangan Pemilu 2024

Rakernas II PDIP akhirnya ditutup

Jakarta, IDN Times - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan (PDIP) sudah ditutup pada Kamis (23/6/2022). Dari Rakernas itu, muncul beberapa poin rekomendasi eksternal terkait pemenangan Pemilu 2024.

Saat penutupan, tampak di lokasi sejumlah petinggi PDIP, di antaranya Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP Puan Maharani, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto, dan Kepala Analisa DPP Muhammad Prananda.

Acara dibuka langsung oleh Hasto yang menjelaskan, Rakernas kali ini dilaksanakan di tengah berbagai persoalan pokok bangsa. Beberapa topik yang disorot, selain masalah pemenangan Pemilu adalah pemulihan ekonomi pasca pandemi, memanasnya geopolitik, hingga perubahan iklim global.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, pada akhirnya yang membacakan rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Juni 2022 terkait pemenangan Pemilu 2024.

Pertama, rekomendasi Rakernas II PDIP ialah menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dengan semangat gotong royong berbasis teritorial yang bertumpu pada kekuatan mesin partai dengan melibatkan seluas-luasnya petani, buruh, nelayan, pemuda-mahasiswa, perempuan, pemilih milenial dan pemula.

"Kedua, Rakernas II Partai merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Partai. Penyempurnaan kualitas kader dilakukan melalui seleksi calon berdasarkan psikotes, kaderisasi di Sekolah Partai, dan penugasan kader Partai. Atas dasar hal tersebut, maka proses penjaringan, penyaringan dan penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif di seluruh tingkatan dimulai pada bulan Agustus 2022," kata Sugianto di Aula Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan (23/6/2022).

Ketiga, kata Sugianto, Rakernas II Partai menegaskan komitmen seluruh jajaran Dewan Pimpinan untuk terlibat secara aktif mengikuti seluruh ketentuan tahapan Pemilu secara detail dan bersungguh-sungguh, dimulai dari tahap pendaftaran, verifikasi.

"Dan penetapan partai politik sebagai peserta pemilu hingga pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan hasil Pemilu Serentak 2024," ujar Sugianto.

Kemudian yang terakhir, Rakernas II Partai mendorong peningkatan kualitas Pemilu. Berkaitan dengan hal tersebut, sistem dan pelaksanaan Pemilu wajib menjamin terpenuhinya hak konstitusional warga negara untuk memilih melalui peningkatan integritas penyelenggara pemilu.

"Rakernas II Partai juga menegaskan tahapan Pemilu dilaksanakan secara efisien, efektif, dan akuntabel dengan mengedepankan keselamatan penyelenggara pemilu. Karenanya para penyelenggara pemilu diwajibkan membuat aturan terkait dengan integritas dan komitmen peserta pemilu bagi terwujudnya pemilu yang aman dan damai demi tetap tegaknya NKRI, Persatuan dan Kesatuan Bangsa," kata Sugianto.

Baca Juga: PDIP Sulit Koalisi ke Demokrat, Hasto: Wong Cilik Gak Suka Kamuflase

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya