Ada Upacara Kemerdekaan, Sejumlah Ruas Jalan di Sekitar Istana Ditutup

Sterilisasi jalan mulai pukul 07.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Jelang Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus yang digelar pukul 10.00 WIB, sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Negara ditutup.

Pantauan IDN Times di lokasi, sekitar pukul 07.00 WIB, Jalan Merdeka Utara sudah disteril dan dijaga ketat puluhan aparat kepolisian.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melalui Satlantas Polres Metro Jakarta Pusat menjelaskan, penutupan sejumlah ruas jalan di sekitar Istana Merdeka dilakukan untuk menjaga kondusivitas pelaksanaan upacara bendera.

"Untuk jam tentatif, namun di depan Pertamina atau Jalan Medan Merdeka Timur mengarah ke Istana akan ditutup," ujar Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Purwanta saat dihubungi, Rabu (17/8/2022).

Purwanta menuturkan penutupan ruas jalan di sekitar Istana Merdeka dikakukan seperti pengamanan upacara pada umumnya. Selain Jalan Medan Merdeka Timur, pihak kepolisian juga akan melakukan penutupan di ruas Jalan Veteran, Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Majapahit.

"Jadi yang akan lewat Jalan Medan Merdeka dan Veteran hari ini gak bisa ya, penutupannya seperti biasa aja pengamanan di Istana," ujar Purwanta.

Dia menegaskan penutupan ruas jalan hanya berlaku di area sekitar Istana saja untuk giat pengamanan hari ini.

"Yang ditutup (jalan) yang hanya di lingkungan Istana saja, yang lainnya enggak kok, yang lain normal," ucap dia.

Lebih lanjut, dia juga mengimbau agar kepada masyarakat yang membawa kendraan mengarah ke kawasan Harmoni, untuk tidak melintasi jalan di sekitar lingkungan Istana.

"Kan semua demi kebaikan, lebih baik cari jalur alternatif, jangan lewat Istana dulu hari ini. Banyak Jalan yang dibuka kok, hanya di sekitar Istana saja yang dilakukan penutupan," tutur Purwanta.

Baca Juga: [QUIZ] Seberapa Kuat Ingatanmu tentang Pejuang Kemerdekaan?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya