Anies Puji Jokowi: Keputusan Tepat Pilih Heru Budi Jadi Pj Gubernur 

Heru Budi resmi menjabat sebagai Pj Gurbenur DKI

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memuji Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo karena telah membuat keputusan tepat menunjuk Heru Budi Hartono, sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

"Keputusan yang dibuat oleh Bapak Presiden adalah keputusan yang tepat (pilih Pj Gurbenur DKI Jakarta Heru Budi)," ujar Anies kepada awak media di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Di Balik Layar Anies di Balai Kota: Dari Kopi Pahit hingga Nasi Merah

1. Anies yakin Heru Budi mampu atasi masalah di Jakarta

Anies Puji Jokowi: Keputusan Tepat Pilih Heru Budi Jadi Pj Gubernur Momen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Anies meyakini Heru bisa memimpin Jakarta dan menyelesaikan berbagai masalah dengan amanah.

"Insyaallah Pak Heru, kami yakin, akan bisa menuntaskan semua tantangan ini dengan baik," ucap dia.

Baca Juga: Anies Duduk Semeja dengan Surya Paloh, JK, SBY, AHY dan Syaikhu

2. Momen Anies dan Heru berpelukan

Anies Puji Jokowi: Keputusan Tepat Pilih Heru Budi Jadi Pj Gubernur Momen Anies Baswedan bersama Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi di Kanto Kemendagri, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pantauan IDN Times di lokasi, pelantikan Heru Budi dimulai pukul 08.30 WIB. Dalam pelantikan itu dihadiri pula oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terdahulu, yakni Anies Baswedan dan Riza Patria.

Usai dilantik, Heru Budi tampak mengantar Anies dan Riza ke mobil yang menjemput untuk meninggalkan lokasi. Kemudian Anies dan Heru berpelukan di dekat mobil. Keduanya tampak saling lempar senyum dan berjabat tangan.

Baca Juga: Mendagri: Pj Gubernur DKI Heru Berpeluang Diganti, Tergantung Evaluasi

3. Kemendagri lantik Heru Budi sebagai Pj Gurbenur sesuai Keppres

Anies Puji Jokowi: Keputusan Tepat Pilih Heru Budi Jadi Pj Gubernur Pelantikan Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Bupati Yapen, dan Pj Bupati Tolikara oleh Mendagri Tito Karnavian (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebagaimana diketahui, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pada Senin (17/10/2022).

Dalam pelantikan tersebut, Tito menuturkan hal itu sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengatur tentang pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Bersamaan dengan itu, Heru Budi juga dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Keppres 100/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan Tahun 2017-2022, dan pengangkatan Penjabat Gubenur DKI Jakarta," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Tito lantas mengucapkan selamat atas terpilih dan dilantiknya Heru Budi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta menggantikan posisi Anies.

"Kemudian kepada Bapak Heru, kami ucpakan selamat atas amanah dari Allah SWT dan kepercayaan dari pimpinan negara, bapak presiden, dengan tugas yang baru," ujar dia.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya