Bambang Pacul: Tugas Saya Bikin Gibran Menang di Pilgub!

Pacul tak tahu apakah Gibran maju Pilkada DKI atau Jateng

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengaku tak mengetahui lebih lanjut terkait kabar majunya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 mendatang.

Saat ditanya terkait rencana PDIP yang siap usung Gibran, Bambang menegaskan tidak bisa memberikan jawaban karena bukan kewenangannya.

"Ini pertanyaan yang juga saya gak bisa jawab lagi. Apakah mas Gibran akan disiapkan ke (pilkada) Jawa Tengah atau ke DKI Jakarta, saya gak tahu," ujar Bambang di sela-sela rakernas, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Dipuji Megawati di Rakernas, Puan: Bukan Sinyal untuk Nyapres di 2024

1. Bambang bahas soal usulan Megawati dorong Gibran maju Pilgub

Bambang Pacul: Tugas Saya Bikin Gibran Menang di Pilgub!Ketua DPD PDIP Jawa Tengah/Sekretaris Fraksi PDIP, Bambang Wuryanto. (IDN Times/Sachril Agustin)

Bambang menjelaskan soal klaim Gibran yang mengaku didukung Megawati untuk jadi calon gubernur. Menurut dia, hal tersebut merupakan urusan pribadi keduanya.

"Ya itu hubungan pribadi beliau (Gibran) sama Bu Megawati," kata Bambang.

2. Tugas Bambang hanya memenangkan kader PDIP

Bambang Pacul: Tugas Saya Bikin Gibran Menang di Pilgub!Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Sebagai Bappilu PDIP, Bambang mengungkapkan tugasnya hanya memenangkan kader-kader yang maju dalam kontestasi politik, baik skala daerah maupun nasional.

"Bambang Pacul tugasnya ini (bantu) menangkan, itu tugas saya," tutur dia.

Baca Juga: Hubungannya Sempat Diisukan Memanas, Bambang Pacul Kini Puji Ganjar

3. Klaim Gibran didukung maju pilgub

Bambang Pacul: Tugas Saya Bikin Gibran Menang di Pilgub!Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Sebelumnya, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, membuka sedikit isi pertemuan dan santap siangnya dengan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor pada 18 Juni 2022 lalu.

Salah satunya, kata Gibran, ia disarankan oleh Prabowo agar ikut maju dalam Pilkada 2024 sebagai calon gubernur. Prabowo sarankan Gibran untuk maju di pilkada DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

"Ada banyak (pesan dan wejangan), rahasia dan sifatnya tertutup. (Soal karier politik) pasti dong, ikut dibahas," ungkap Gibran ketika ditemui media di GO Sritex Arena, Solo, pada Minggu, 19 Juni 2022. 

"Disarankan untuk maju di salah satu provinsi (DKI Jakarta-Jateng). Salah satu provinsi saja (DKI Jakarta atau Jateng)," kata dia.

Selain bertemu dengan Prabowo, rupanya Gibran juga sempat menyambangi kediaman Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Di sana, juga terdapat putri Mega yakni Puan Maharani.

Selain disarankan oleh Prabowo agar maju di pilgub, Mega turut menyarankan hal serupa kepada putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu.

Gibran mengklaim juga disarankan agar ikut maju sebagai cagub di pilkada 2024 ketika menemui Mega di kediaman pribadinya pada akhir pekan lalu. Sebelumnya, Gibran juga ikut rapat koordinasi para kepala daerah dari kader PDIP selama dua hari di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 

"Mbak Puan dan Bu Mega juga sama (ikut menyarankan agar maju pilgub)," ungkap Gibran. 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya