Bawaslu Resmikan 3 Kantor DOB Papua, Tekankan Koordinasi dengan Pemda

Bawaslu berharap jajarannya di daerah aktif berkoordinasi

Jakarta, IDN Times - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu La Bayoni meresmikan kantor persiapan daerah otonomi baru (DOB) untuk tiga Bawaslu Provinsi di Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. Peresmian itu secara simbolis digelar di kantor Bawaslu Papua Selatan, Rabu (11/1/2023). 

Dia mengingatkan, jajaran Bawaslu daerah untuk berkoordinasi aktif dengan pemerintah daerah setempat guna melengkapi berbagai memfasilitasi dan mendukung kerja kelembagaan.

Baca Juga: Raker dengan DPR, KPU dan Bawaslu Ungkap Kekurangan Dana

1. Jajaran di DOB diimbau aktif koordinasi dengan Pemda

Bawaslu Resmikan 3 Kantor DOB Papua, Tekankan Koordinasi dengan PemdaPlt Sekjen Bawaslu La Bayoni secara simbolis meresmikan kantor persiapan DOB untuk tiga Bawaslu Provinsi di Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan secara simbolis di kantor Bawaslu Papua Selatan (dok. Bawaslu)

Bayoni mencontohkan, koordinator umum dan koordinator sekretariat di Bawaslu Papua Selatan, Bawaslu Papua Tengah, dan Bawaslu Papua Pegunungan dapat berkoordinasi dengan Gubernur atau Penjabat (Pj) Gubernur atau pemerintah daerah untuk meminta bantuan terkait fasilitasi pegawai negeri sipil (PNS) yang dipekerjakan di Bawaslu Provinsi.

"Para koordinator umum dan koordinator sekretariat agar berkoordinasi aktif kepada Gubernur atau Pj Gubernur atau pemerintah daerah untuk meminta bantuan terkait fasilitasi PNS yang dipekerjakan di Bawaslu Provinsi," kata dia dalam keterangannya, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Bawaslu Temukan 3.189 Titik Potensi Pemilih Tak Bisa Gunakan Haknya

2. Bawaslu daerah diminta maksimalkan anggaran

Bawaslu Resmikan 3 Kantor DOB Papua, Tekankan Koordinasi dengan PemdaIlustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemudian terkait sarana dan prasarana, pria yang akrab dipanggil Boy ini mengimbau, sebelum ada alokasi anggaran tambahan, dia meminta kepada Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota yang tergabung dalam tiga provinsi DOB untuk membantu memfasilitasi persiapan pembentukan sekretariat dengan memaksimalkan anggaran yang ada. 

"Khusus untuk koordinator sekretariat yang sudah ditunjuk diharapkan dapat bekerja dengan optimal dan mengedepankan prinsip kejujuran," ucap dia.

Baca Juga: Cegah Kerawanan, Bawaslu Dorong KPU Cermati Potensi Lokasi Khusus

3. Bawaslu berharap bantuan dan kerja sama dari semua pihak

Bawaslu Resmikan 3 Kantor DOB Papua, Tekankan Koordinasi dengan PemdaBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Boy lantas berharap, bantuan semua pihak dan para pemangku kepentingan guna mendukung kesuksesan kehadiran sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Selatan, Bawaslu Papua Tengah, dan Bawaslu Papua Pegunungan.

Perlu diketahui, nama-nama koordinator umum berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor 456/HK.01.01/K1/12/2022 tentang Pemberian Mandat Pelaksanaan Fungsi, Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Bawaslu dalam Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, di antaranya sebagai berikut:

 

1. Papua Selatan

Koordinator Umum, Metusalak Irfandi Koordinator Wilayah, Niko Tunjanan

Wakorwil, Amandus Situmorang

Anggota, Jamaludin Ladorua

2. Papua Tengah 

Koordinator Umum, Metusalak Irfandi

Korwil, Anugrah Pata 

Wakorwil, Jamaludin Ladorua

Anggota, Tjipto Wibowo

3. Papua Pegunungan, 

Koordinator Umum, Metusalak Irfandi

Korwil, Ronald Michael

Manoach, Wakorwil Tjipto Wibowo

Anggota, Armandus Situmorang

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya