Buka Peluang Kaesang Bergabung, Golkar: Cocok-cocok Saja!

Golkar terbuka kepada siapapun yang ingin bergabung

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia buka suara terkait putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep yang dikabarkan ingin terjun ke dunia politik.

Dia menegaskan, Golkar sendiri siap menampung Kaesang jika dirasa memiliki kecocokan dalam hal visi dan misi arah politik. Partai berlambang pohon beringin itu terbuka kepada siapapun yang ingin bergabung menjadi kader.

"Kalau ditanya Golkar bersedia, ya jangankan Kaesang, kita saja sekarang siapa saja baik pejabat aktivis apakah pengusaha mau artis kemudian mahasiswa pelajar yang merasa visinya sama dengan Golkar dan mereka juga ingin bergabung, selama niatnya benar dan ikut membantu program-program dan ikut membesarkan partai, ya kita terima saja," ucap dia saat ditemui di sela-sela Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemenangan Pemilu Jawa 1 di Pecenongan, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).

Doli menambahkan, berdasarkan penilaiannya, Golkar dan Kaesang memiliki kecocokan.

"Cocok-cocok saja (Kaesang gabung Golkar)," ucap dia.

1. Ketum Golkar minta Ridwan Kamil tingkatkan kemenangan di wilayah Jawa 1

Buka Peluang Kaesang Bergabung, Golkar: Cocok-cocok Saja!Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (kedua kiri) berfoto bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan), Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (kanan), Wakil Ketua umum partai Golkar (Korbid Perekonomian) Agus Gumiwang (kiri) saat pertemuan Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (18/1/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ditemui di lokasi yang sama, Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto meminta kepada Ridwan Kamil untuk meningkatkan kemenangan Golkar di wilayah Jawa 1. 

Adapun wilayah Jawa 1 terdiri dari Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (Jabar). Ridwan Kamil sendiri saat ini dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum bidang penggalangan pemilih.

Hal tersebut disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pemenangan Pemilu Jawa 1 di Pecenongan, Jakarta Pusat.

"Tentu kami meminta kepada Pak Ridwan Kamil untuk meningkatkan target-target tersebut. Dan tentunya pemilu tinggal hampir satu tahun sehingga tentu ini menjadi kesiapan dari seluruh fungsionaris Partai Golkar," kata Airlangga.

Baca Juga: Kang Emil Diminta Tingkatkan Kemenangan Golkar di DKI, Jabar, Banten

2. Ridwan Kamil diharapkan mampu dongkrak suara Golkar

Buka Peluang Kaesang Bergabung, Golkar: Cocok-cocok Saja!Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bersama Ridwan Kamil (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Adapun yang menjadi target Golkar ialah perolehan elektoral untuk kursi parlemen, baik di pusat maupun daerah. Namun target tersebut sebelum Ridwan Kamil bergabung menjadi kader Golkar. Airlangga berharap dengan gabungnya pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu mampu mendongkrak elektoral.

"Tadi dibahas mengenai target-target perolehan kursi di DPR RI, di DPRD Provinsi, maupun DPRD Kabupaten Kota dan target-targat yang ada ini tadi diumumkan target yang kita sudah siapkan sebelum Ridwan Kamil bergabung," ucap Airlangga.

3. Golkar sebut strategi pemenangan rahasia

Buka Peluang Kaesang Bergabung, Golkar: Cocok-cocok Saja!Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kendati demikian, Airlangga tak merinci lebih lanjut soal strategi Golkar meraih kursi di wilayah Jawa 1.

"Iya belum dihitung, jadi targetnya luar biasa tidak termasuk ada Kang Emil. Nah Teknis bagaimana caranya itu rahasia partai. Tapi yang paling penting lebih tinggi dari target ya," tutur dia.

Baca Juga: Diisukan Bakal Diusung Jadi Cagub DKI, Ridwan Kamil: Peluangnya Ada

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya