Bus TransJakarta Mogok di Jalur Kereta Jakbar, Polisi Sigap Evakuasi

Polisi berkoordinasi upayakan penderekan

Jakarta, IDN Times - Satu unit bus TransJakarta jurusan koridor 8 rute Harmoni-Lebak bulus mengalami mogok di perlintasan rel kereta api di Jalan Panjang Green Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (12/1/2023).

Detik-detik menegangkan itu beredar luas di jejaring media sosial. Salah satunya diunggah akun @jktinfo. Terlihat dari video yang diunggah, bus TransJakarta itu mogok tepat di jalur perlintasan atau rel kereta api. Terdengar pula suara palang pintu kereta berbunyi.

Baca Juga: Cuaca Jabodetabek 12 Januari 2023: Jakarta Cerah Berawan Pagi Hari, Berawan Sore Hari

1. Kejadian sekitar pukul 07.30 WIB

Bus TransJakarta Mogok di Jalur Kereta Jakbar, Polisi Sigap EvakuasiInstagram/@jktinfo

Menindak kejadian tersebut, personel Satlantas Jakarta Barat segera melakukan penderekan. Wakasat Lantas Polres Metro Jakarta Barat Kompol Mujiyanto, mengatakan kejadian tersebut terjadi pada pukul 07.30 WIB, saat ia sedang mengatur lalu lintas sekitar traffic light Green Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Posisi kendaraan busway TransJakarta koridor 8 route Harmoni - Lebak bulus berpelat nomor B 7141 SGA mogok tepat di tengah perlintasan kereta api," ujar Mujiyanto saat di konfirmasi, Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: 9 Potret Wajah Baru Halte TransJakarta yang Selesai Direvitalisasi 

2. Polisi berkoordinasi dengan PJKA

Bus TransJakarta Mogok di Jalur Kereta Jakbar, Polisi Sigap Evakuasiunsplash/Rangga Cahya Nugraha

Mujiyanto menjelaskan, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, ia kemudian menghubungi mobil derek untuk segera mengevakuasi bus TransJakarta yang mogok.

"Kami juga berkordinasi dengan pihak PJKA untuk bisa memberitahukan jika ada kereta api yang hendak akan melintas," ucap dia.

Baca Juga: Resmi, Kuncoro Wibowo Jadi Dirut Baru TransJakarta

3. Kecelakaan terhindarkan dan tak ada korban jiwa

Bus TransJakarta Mogok di Jalur Kereta Jakbar, Polisi Sigap EvakuasiIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Mujiyanto memastikan tak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Personel Satlantas Jakarta Barat lalu melakukan pengaturan lalu-lintas agar tidak menimbulkan kemacetan sekitar lokasi.

"Alhamdulillah setelah dilakukan penderekan sekitar 20 menit kendaraan busway tersebut berhasil dilakukan evakuasi dan tidak sampai menimbulkan kecelakaan," imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya