Daftar ke KPU, AHY Berharap Demokrat Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024

AHY pastikan Demokrat sudah lengkapi persyaratan

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat secara resmi mendaftarkan diri sebagai partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU RI), Jumat (5/8/2022).

Pendaftaran tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Wakil Ketua Umum Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya.

Pantauan IDN Times di lokasi, sekira pukul 13.00 WIB, massa pendukung Partai Demokrat mulai berdatangan ke KPU RI, Jakarta Pusat.

1. AHY berharap Demokrat bisa ikut ramaikan Pemilu 2024

Daftar ke KPU, AHY Berharap Demokrat Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama jajaran saat mendaftarkan Demokrat sebagai peserta Pemilu 2024. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dalam kesempatan itu, AHY berharap Demokrat bisa memenuhi berbagai persyaratan sebagai parpol peserta Pemilu 2024. Kendati, dia meminta kepada KPU untuk memberikan arahan dan masukan apabila ada persyaratan atau data yang dirasa kurang.

"Kami secara online juga telah memenuhi berbagai persyaratan, mudah-mudahan bisa sesuai dengan yang dipersyaratkan. Tetapi kami juga sekali lagi mohon masukan dan juga bimbingan dari para komisioner dan Ketua KPU RI agar Partai Demokrat benar-benar dinyatakan lulus sebagai peserta pemilu," ujar AHY dalam konferensi pers di KPU RI, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga: KPU Klaim Aplikasi SIPOL Mudahkan Parpol Lakukan Proses Pendaftaran

2. Demokrat memastikan kelengkapan data sudah dikerjakan sejak tiga bulan terakhir

Daftar ke KPU, AHY Berharap Demokrat Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

AHY menjelaskan, Partai Demokrat sudah mempersiapkan penginputan data di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) selama tiga bulan terakhir. Hal tersebut dilakukan lantaran dia ingin memastikan data yang diinput sesuai syarat-syarat yang diberikan KPU.

"Satgas verifikasi parpol bekerja pagi siang malam selama tiga bulan terakhir. Ini tentu dibantu oleh para kader utama kami yang juga berupaya sekuat tenaga semaksimal mungkin agar bisa memenuhi harapan dan juga standar yang dipersyaratkan oleh KPU," kata dia.

Baca Juga: Anggaran Masih Mandek, Eks Ketua KPU: Jangan Buat KPU Mengemis!

3. AHY apresiasi kinerja KPU RI

Daftar ke KPU, AHY Berharap Demokrat Bisa Jadi Peserta Pemilu 2024

Lebih lanjut, AHY mengapresiasi KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu karena sudah memberikan kemudahan bagi parpol dalam menginput data, salah satunya melalui Sipol.

"Kami mengapresiasi pada kesempatan ini bahwa sistem yang dibangun KPU, berbagai perhatian atensi, dan juga kemudahan-kemudahan yang dibuka kepada para partai politik ini. Khususnya Partai Demokrat juga mengucapkan terima kasih semakin transparan, akuntabel, dan semakin terbuka," tutur AHY.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya