Comscore Tracker

Daftar ke KPU Besok, Partai Buruh Akan Gelar Pawai Kelas Pekerja

Pendukung Partai Buruh kumpul di Tugu Proklamasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Partai Buruh Said Iqbal berencana membawa massa sebanyak 10.000 orang saat mendaftarkan partainya sebagai partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024. Pendaftaran itu dijadwalkan, Jumat (12/8/2022) besok pukul 13.00 WIB.

Dia menjelaskan, pada saat pendaftaran puluhan ribu pendukung Partai Buruh akan melakukan long march bertajuk Karnaval Kelas Pekerja atau The Working Class of Carnaval.

"Akan dihadiri 10 ribu orang kelas pekerja. Ada yang berasal dari buruh pabrik, buruh tani, nelayan, guru dan tenaga honorer, miskin kota, urban poor consortium, pekerja rumah tangga, buruh migran, ojek online, tukang sayur, sopir bajaj, tukang becak, sopir angkot, mahasiswa dan pemuda-pemudi, disabilitas yang kebetulan disabilitas ini bekerja sebagai ojek online, kaum perempuan, pedagang, advokat, organisasi profesi lainnya, dan seluruh peserta karnaval kelas pekerja," kata Said Iqbal dalam konferensi pers secara daring, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Mahasiswa Ikut Aksi Demo Sejuta Buruh Tolak Omnibus Law dan RKUHP

1. Puluhan ribu pendukung Partai Buruh kumpul di Tugu Proklamasi

Daftar ke KPU Besok, Partai Buruh Akan Gelar Pawai Kelas PekerjaIlustrasi buruh atau pekerja saat demonstrasi. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Rencananya, rombongan pawai karnaval itu akan berkumpul di Tugu Proklamasi. Kemudian berjalan menuju Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pukul 10.00 WIB dan diperkirakan sampai sekitar pukul 11.30 WIB. Selain menggelar karnaval, Partai Buruh juga akan menggelar salat Jumat bersama di depan KPU.

"Dari 11.30 WIB sampai jam 12.00 WIB persiapan jelang salat Jumat dan sudah dikoordinasikan oleh LO Partai Buruh, karena jumlahnya besar 10 ribu orang, peserta karnaval salat Jumatnya di luar pagar KPU, dan sebagian akan mengikuti salat Jumat di Masjid KPU," ujar dia.

Baca Juga: Ribuan Buruh Demo DPR, Jumhur: Omnibus Law Sudah Banyak Makan Korban

2. Ada pawai pakaian adat dari 34 provinsi

Daftar ke KPU Besok, Partai Buruh Akan Gelar Pawai Kelas PekerjaKetua Buruh, Said Iqbal saat mengunjungi Bawaslu (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Said Iqbal juga memastikan, 68 peserta karnaval yang terdiri dari kaum milenial dan generasi Z bakal mengenakan pakaian adat dari 34 provinsi. Selain itu, kaum buruh lainnya akan membawa properti sesusai dengan profesi masing-masing.

"Kemudian juga buruh-buruh pabrik akan memakai seragam pabriknya masing-masing, tukang becak akan membawa becaknya, ojek online akan mendorong motornya, tukang sayur membawa gerobak sayurnya, pekerja rumah tangga akan membawa serbet raksasa, dan lain-lain," tutur dia.

Baca Juga: Tikus Kantor Ikut Demo Buruh Tolak Omnibus Law di DPR

3. Said Iqbal tegaskan Partai Buruh bukan gelar aksi unjuk rasa

Daftar ke KPU Besok, Partai Buruh Akan Gelar Pawai Kelas PekerjaPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal ketika memberikan keterangan pers mengenai JHT (Tangkapan layar YouTube Buruh Bicaralah)

Meski membawa massa yang cukup banyak, Said Iqbal menegaskan, aksi tersebut merupakan karnaval pertunjukan, bukan aksi unjuk rasa sebagaimana yang sering digelar buruh.

Dia menegaskan, acara itu juga jadi simbol perayaan kebahagiaan menyambut kebangkitan kelas pekerja atau empowerment of working class.

"Dua puluh tahun setelah almarhum Profesor Doktor Muchtar Pakpahan S.H., M.A., bersama teman-teman yang mendirikan Partai Buruh, maka kini kembali Partai Buruh dihidupkan oleh 11 organisasi inisiator pelanjut," tutur dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya