Comscore Tracker

Daftar ke KPU, Partai Kedaulatan Rakyat Yakin Tembus 5 Besar Suara

PKR siap gaet suara dari kalangan anak muda

Jakarta, IDN Times - Partai Kedaulatan Rakyat (PKR) secara resmi mendaftarkan diri sebagai partai politik peserta Pemilu 2024. Pendaftaran tersebut dilakukan pada hari kesebelas dibukanya tahapan pendaftaran, Kamis (11/8/2022).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKR Sigit Prawoso mengungkapkan, meskipun parpolnya terbilang baru, namun dia yakin bakal meraup suara dan bertengger masuk lima besar partai dengan suara terbesar.

"Saya yakin dengan upaya PKR untuk mengembalikan kedaulatan di tangan rakyat, minimal PKR untuk periode 2024 ini kita bisa meraih lima besar suara untuk parpol," ujar dia kepada awak media, di KPU RI, Jakarta Pusat (11/8/2022).

Baca Juga: KPU Siap Usut Temuan Kader Gerindra yang Dicatut Golkar di Sipol

1. Tidak ada satu pun kader PKR yang merupakan tokoh nasional

Daftar ke KPU, Partai Kedaulatan Rakyat Yakin Tembus 5 Besar SuaraIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Sigit menjelaskan, PKR sendiri saat ini tidak memiliki kader yang berasal dari tokoh nasional. Kendati demikian, dia meyakini PKR mampu bicara banyak di Pemilu 2024 lantaran lahir dari aspirasi rakyat.

"PKR ini tidak ada satu pun tokoh nasional, semua dimunculkan dari gerakan bawah, yakni aspirasi rakyat," kata dia.

Baca Juga: Polisi Dalami Penyebab KPU Tana Tidung Kaltara Kebakaran

2. PKR gaet suara anak muda

Daftar ke KPU, Partai Kedaulatan Rakyat Yakin Tembus 5 Besar Suarailustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Di sisi lain Sigit meyakini, kekuatan partai berlogo burung tersebut berasal dari gerakan anak-anak muda, terutama generasi millennial dari organisasi yang terafiliasi dengan PKR.

"Kebetulan di partai kami banyak ormas, terutama ormas milenial ada 14 yang juga mendukung beridirinya PKR. Kemudian partai ini kepengurusannya dari daerah itu mayoritasnya adalah banyak anak-anak muda. Sehingga saya yakin kaum millennial muda bisa kita ambil suaranya untuk 2024," ucap dia.

Baca Juga: Mahasiswa Ancam Gelar Demo Besar Kalau Jokowi dan Puan Tak Temui Massa

3. PKR daftar sebagai peserta Pemilu 2024

Daftar ke KPU, Partai Kedaulatan Rakyat Yakin Tembus 5 Besar SuaraIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Pantauan IDN Times di lokasi, pendukung PKN mulai berdatangan ke KPU RI sekitar pukul 13.20 WIB. Kemudian Ketua Umum PKR beserta jajaran resmi mendaftar pukul 14.00 WIB.

Dengan demikian, PKR jadi parpol ke-23 yang mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024. Tahapan pendaftaran sendiri dibuka sejak 1 hingga 14 Agustus 2022 mendatang.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya