Dekati Pendaftaran Peserta Pemilu, KPU Pastikan Tak Ada Masalah Siber

KPU berharap bisa kolaborasi dengan lembaga negara

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos menegaskan, sejak awal diluncurkan tidak ada masalah siber pada sistem keamanan KPU, termasuk pada Sistem Informasi Parpol (Sipol) Pemilu 2024.

Sebagaimana diketahui, masa pendaftaran Pemilu dimulai pada tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022 mendatang.

"Sejauh ini kami belum punya persoalan soal keamanan siber. Justru hari ini kita ini tindakan preventif dilakukan oleh KPU RI dalam hal langkah atau apa yang harus diambil," ujar Betty, di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

1. KPU gandeng BRIN, BIN, Kemkominfo, Polri, dan BSSN

Dekati Pendaftaran Peserta Pemilu, KPU Pastikan Tak Ada Masalah SiberKomisioner KPU, Idham Holik membuka akses Sipol (IDN Times/Yosafat Diva)

Dia memastikan, tim gugus tugas keamanan siber KPU sudah terbentuk dan berasal dari berbagai lembaga negara, di antaranya BRIN, BIN, Kemkominfo, Polri, dan BSSN.

"Karena gugus tugas sudah terbentuk. Dari gugus tugas keamanan siber KPU sudah ada ini sedang kita update kembali, untuk kira-kira siapa melakukan apa, bagaimana jika terjadi gangguan terhadap keamanan siber," kata Betty.

2. Keamanan siber terbukti dari kelancaran Sipol

Dekati Pendaftaran Peserta Pemilu, KPU Pastikan Tak Ada Masalah SiberRapat KPU, Bawaslu, dan partai politik terkait Agenda Rakor Pembahasan SIPOL. (IDN Times/ Yosafat Diva)

Betty menuturkan, keamaan siber KPU sudah terbukti dari keberadaan Sipol yang sejauh ini bebas ancaman peretasan. Terhitung sudah ada 38 parpol nasional dan 7 parpol lokal Aceh yang memiliki akun Sipol.

"Sejak launching tanggal 24 Juni kemarin tadi sudah saya sampaikan ada sekitar 38 akun yang dimiliki oleh partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024, itu 38 partai politik nasional 7 dari lokal partai politik lokal di Aceh," ujar Betty.

Baca Juga: Perludem Soroti Hambatan Pemilu 2024, Termasuk Penggunaan Sipol

3. KPU berharap bisa kolaborasi dengan lembaga negara

Dekati Pendaftaran Peserta Pemilu, KPU Pastikan Tak Ada Masalah SiberIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

KPU berharap bisa menjalin kerja sama dengan lembaga pemerintah, sehingga Pemilu 2024 bisa berjalan dengan lancar tanpa halangan.

"Jadi kami berharap sekali lagi KPU tuh enggak bisa kerja sendiri, KPU tentu harus melibatkan negara dalam hal ini instansi negara yang lain untuk bisa memberikan, menjaga keamanan Sipol yang kita miliki," kata Betty.

Baca Juga: Bawaslu Masih Tunggu KPU Beri Akses Sipol untuk Mitigasi Risiko

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya