Demo Buruh di DPR, Polda Metro Pastikan Jalur TransJakarta Tak Ditutup

Ribuan personel diterjunkan kawal demo buruh di DPR

Jakarta, IDN Times - Kabid Humas Polda Metro, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko memastikan jalur TransJakarta tak ditutup meski buruh menggelar demo di depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

Dia mengatakan, jalur yang melintas area aksi penyampaian pendapat tetap dibuka dan disiapkan dua jalur.

"Jalur TransJakarta tetap dibuka dan siapkan dua lajur selama massa melaksanakan penyampaian pendapatnya," tutur dia dalam keterangannya, Senin (6/2/2023).

Baca Juga: FPI hingga PA 212 Demo Aksi Bela Al-Qur'an di Kedubes Swedia

1. Ribuan personel dilibatkan kawal aksi penyampaian pendapat

Demo Buruh di DPR, Polda Metro Pastikan Jalur TransJakarta Tak Ditutupilustrasi polisi (IDN Times/Prayugo Utomo)

Trunoyudo mengatakan, dalam demo buruh tersebut, ribuan personel diterjunkan dan melibatkan Polda, Polres, TNI, hingga Pemda

"Sebanyak 1.623 personel dilibatkan. Libatkan Polda, Polres, dan TNI serta Pemda," ucap dia.

Baca Juga: 107 Orang Ditangkap Usai Demo Ricuh di Kantor Arema FC

2. Buruh gelar aksi di depan Gedung DPR/MPR

Demo Buruh di DPR, Polda Metro Pastikan Jalur TransJakarta Tak DitutupDemo buruh di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Partai Buruh dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) bakal menggelar aksi besar-besaran di depan Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat pada hari ini, Senin, (6/2/2023). 

"Demo digelar jam 10.00 sampai dengan selesai. Tempat di Gedung DPR RI," kata Presiden Partai Buruh, Said Iqbal dalam keterangannya kepada IDN Times.

Baca Juga: Hari Ini Buruh Gelar Demo Geruduk DPR, Ini Tuntutannya!

3. Demo digelar di berbagai daerah

Demo Buruh di DPR, Polda Metro Pastikan Jalur TransJakarta Tak DitutupPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh, Said Iqbal (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Said Iqbal menegaskan, aksi di depan Gedung Parlemen tersebut akan melibatkan ribuan buruh yang berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Selain di Jakarta, aksi juga serempak akan dilakukan di berbagai kota industri, antara lain di Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Banda Aceh, Medan, Bengkulu, Batam, Pekanbaru, Ternate, Ambon, Kupang, dan beberapa kota industri lain," ucap dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya