Demo Hujan-hujanan, Nakes Honorer Iri Lihat Pegawai BUMN Bergaji Gede

Nakes honorer hanya digaji kecil, bahkan ada Rp200 ribu

Jakarta, IDN Times - Perwakilan massa Dewan Pengurus Nasional Forum Komunikasi Nakes dan Non-Nakes Indonesia (DPN FKHN Indonesia) menggelar aksi di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2022).

Dalam aksi itu, DPN FKHN meminta supaya tenaga kesehatan (nakes) honorer diangkat jadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pantauan IDN Times di lokasi, massa yang terdiri dari ratusan orang tetap menggelar orasi meski diguyur hujan deras.

Salah satu orator di atas mobil mengaku, pihaknya iri melihat kesejahteraan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang digaji besar. Sementara nakes honorer hanya digaji kecil, bahkan ada yang mencapai Rp200 ribu.

Dia pun meminta kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk mendengarkan aspirasi dari kelompok nakes honorer tersebut.

"Kalau Pak Jokowi cinta kami sebagai rakyat, gaji kami sebagai honorer kecil. Kita cemburu terhadap gaji karyawan yang kerja di BUMN. Mereka kerja di AC dengan gaji jutaan. Kita yang di rumah sakit hanya digaji ratusan ribu, Rp200 sampai Rp800 ribu," ujar sang orator.

Sementara itu, sejumlah perwakilan DPN FKHN diterima langsung di Kantor Staf Presiden (KSP) untuk menyampaikan tuntutan menjadi ASN. Ada empat orang yang saat ini diterima pihak KSP.

"Untuk saat ini kita baru diterima oleh Staf Presiden dan mungkin tindak lanjutnya, mudah-mudahan Presiden sendiri bisa langsung nerima kami," kata Koordinator lapangan aksi Idang Munawar di Patung Kuda.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya