Diisukan ke PPP, Sandiaga Belum Ajukan Pengunduran Diri ke Gerindra

Gerindra tunggu informasi resmi dari Sandiaga dan PPP

Jakarta, IDN Times - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sudah mendengar perihal isu Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Sandiaga Uno, yang akan bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam waktu dekat.

Namun demikian, Dasco memastikan jika sampai hari ini Sandiaga belum mengirimkan surat resmi pengunduran diri kepada Gerindra.

"Saya cek sampai saat ini memang surat pengunduran diri belum ada," kata dia saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2022).

1. Sandiaga harus keluar dari Gerindra jika gabung PPP

Diisukan ke PPP, Sandiaga Belum Ajukan Pengunduran Diri ke GerindraMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri Sidang Tahunan MPR DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dasco menjelaskan, sesuai dengan aturan yang diatur dalam undang-undang, seorang politikus tidak boleh menjadi dua kader parpol sekaligus. Sehingga, Sandiaga harus mengundurkan diri dari Gerindra jika ingin bergabung dengan PPP.

"Tetapi di undang partai politik kalau seseorang sudah beralih menjadi kader partai lain, itu otomatis keanggotaan partai sebelumnya gugur," kata dia.

Baca Juga: Muzani Tegaskan Capres Tunggal Gerindra Prabowo: Yang Lain Ilegal!

2. Gerindra tunggu kabar resmi dari PPP

Diisukan ke PPP, Sandiaga Belum Ajukan Pengunduran Diri ke GerindraKetua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (IDN Times/Teatrika Putri)

Dasco juga mengatakan, Gerindra sampai saat ini masih menunggu informasi resmi dari PPP ataupun Sandiaga terkait isu yang sudah semakin kencang didengar.

"Kita tunggu saja nanti rilis dari PPP atau rilis dari yang bersangkutan," kata Dasco.

3. Respons Prabowo dengar kabar Sandiaga merapat ke PPP

Diisukan ke PPP, Sandiaga Belum Ajukan Pengunduran Diri ke GerindraKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Lebih lanjut, Dasco mengungkap respons Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ketika mendengar kabar Sandiaga gabung PPP.

"Kemarin saya ketemu Pak Prabowo. Pak Prabowo kebetulan diceritakan soal berita ini. Tidak ada komentar apa-apa saja, kecuali senyum-senyum saja Pak Prabowo. Ya sudah karena tidak ada pembahasan lebih lanjut ya sudah kita gak bahas," kata Dasco.

Ketika ditanya lebih lanjut, apakah senyum dari Prabowo dimaknai sebagai keikhlasan Gerindra lepas Sandiaga, Dasco mengaku tak mengetahui lebih lanjut.

"Saya gak tahu arti senyum-senyumnya apa, saya kan gak tanya," ucap dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno Dirumorkan ke PPP, Gerindra Persilakan Jika Ingin Nyapres

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya