Comscore Tracker

Dinilai Amanah, Pekikan Buruh Dukung Anies Presiden Bergema di Balkot

SPN DKI Jakarta nilai Anies amanah

Jakarta, IDN Times - Ketua DPD Serikat Pekerja Nasional (SPN) DKI Jakarta, Muhammad Andre Nasrullah, sempat mengungkapkan dukungan kepada Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjadi presiden dalam kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Dukungan tersebut diungkapkan dalam aksi demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2022). Awalnya Andre --ketika menjadi orator-- di atas mobil komando membahas terkait nasib UMP DKI Jakarta 2022.

1. Orator aksi singgung Anies jadi presiden di atas mobil komando

Dinilai Amanah, Pekikan Buruh Dukung Anies Presiden Bergema di BalkotDemo buruh di Balai Kota (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Dia menyerukan dukungan supaya Anies mengajukan banding terhadap putusan PTUN DKI Jakarta yang menurunkan upah buruh. Kemudian dia menyinggung soal capres pada 2024 mendatang.

"Gak perlu takut (banding) Pak Anies, datang dan lakukan gugatan. Perwakilan Daerah (KSPI) DKI terus mendukung Pak Anies sampai jadi presiden,” ujar Andre di atas mobil komando, Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Ketika ditemui usai menyampaikan orasi, Andre mengaku dukungan Anies jadi presiden diberikan karena selama menjabat sebagai pemimpin, dia amanah dalam melaksanakan tugas.

"(Dukungan Anies presiden) Secara pribadi iya, secara federasi juga masih ada dukungan kami terhadap Pak Anies. Karena kami secara federasi walaupun belum terbuka, tapi kami sudah bicara dalam grup kecil. Bahwa memang tidak munafik, kalau beliau amanah ya tentu kami dukung," kata Andre.

2. Anies dianggap amanah dan perjuangankan kepentingan buruh

Dinilai Amanah, Pekikan Buruh Dukung Anies Presiden Bergema di BalkotDemo buruh di Balai Kota (IDN Times/Yosafat Diva Bayu)

Dia menuturkan, Anies sudah menjalankan amanah bagi kaum buruh sejak awal dia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Dari awal dia jadi gubernur ada beberapa kesepakatan yang kita ajukan dan beliau menjalankan, termasuk Kartu Pekerja Jakarta, Kartu Jakarta Pintar, hingga transportasi gratis. Ini kan tentu bermanfaat buat buruh," tutur Andre.

Di sisi lain apabila Anies konsisten terus mendengarkan aspirasi dari kaum buruh, maka bukan tidak mungkin SPM DKI Jakarta bakal memberikan dukungan kepada Anies untuk maju dalam Pilpres 2024.

"Artinya kalau dia mencalonkan dan hari ini beliau dengarkan aspirasi kita, kita akan berpikir lagi. Kalau saya dari SPM, teman-teman dari SPM DKI, kita masih berpositif dengan Anies, kita dukunglah kalau beliau presiden," ucap Andre.

Baca Juga: Ormas Terlarang Dukung Anies Presiden, Wagub: Melanggar Hukum

3. Dukungan Anies maju presiden bukan sikap buruh secara keseluruhan

Dinilai Amanah, Pekikan Buruh Dukung Anies Presiden Bergema di Balkot

Kendati demikian dia memastikan bahwa dukungan Anies jadi presiden hanya pandangan SPM DKI Jakarta, bukan mewakili kaum buruh secara keseluruhan, termasuk KSPI dan Partai Buruh.

"Ini penilaian SPM ya, tapi kan di KSPI kan ada Partai Buruh, itu tentunya jadi keputusan Pak Said Iqbal," tutur dia.

Baca Juga: Hari Ini Ribuan Buruh Demo di Balaikota, Dorong Anies Banding UMP

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya