Ditanya Maju Pilgub DKI? Risma: Itu Bukan Mimpi atau Keinginan Saya

Risma tak pernah minta jabatan apapun ke PDIP

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDIP, Tri Rismaharini mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Sejauh ini, politikus yang akrab disapa Risma ini tidak pernah meminta jatah jabatan apapun kepada PDIP, termasuk diusung dalam pilkada dan kursi jabatan Menteri Sosial (Mensos) yang tengah diemban.

"Saya sekali lagi, tidak pernah membayangkan jadi apa saya, karena bagi saya jabatan itu gak bisa diminta. Jadi waktu mulai pertama sampai kedua jadi wali kota, bahkan kemarin sama menteri pun saya gak tahu, karena gak dikasih tahu juga," ujar Risma usai jadi pemateri di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga: Gibran Pastikan Tak Maju di Pilgub DKI karena Pilkada Masih Lama

1. Belum ada komunikasi politik yang usung Risma di Pilkada DKI 2024

Ditanya Maju Pilgub DKI? Risma: Itu Bukan Mimpi atau Keinginan SayaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Mantan Wali Kota Surabaya ini menegaskan belum ada komunikasi apapun soal pengusungan dirinya sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Ketimbang memikirkan panggung politik, Risma memilih fokus bekerja sebagai menteri di kabinet Jokowi.

"Gak ada, saya harus kerja memang konsentrasi penuh. Tapi sekali saya menyampaikan itu bukan keinginan atau mimpi saya atau apa, tidak ada, sedikit pun tidak ada. Karena bagi saya jabatan itu tidak boleh diminta," ujar Risma.

2. Risma masuk survei cagub DKI

Ditanya Maju Pilgub DKI? Risma: Itu Bukan Mimpi atau Keinginan SayaTri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Berdasarkan hasil survei Jakarta Research Center (JRC), elektabilitas Tri Rismaharini, Anies Baswedan, dan Ahmad Riza Patria (Ariza) berada di posisi tiga besar pada bursa calon gubernur DKI Jakarta.

"Risma unggul dalam bursa cagub DKI Jakarta, sedangkan Ariza semakin mengejar Anies,” kata Direktur Komunikasi JRC Alfian P melalui keterangan tertulis dikutip dari ANTARA, Rabu (22/12/2021).

Jakarta Research Center melakukan survei secara tatap muka kepada 800 responden mewakili seluruh wilayah DKI Jakarta pada 10-15 Desember 2021, melalui metode multistage random sampling dengan tingkat kesalahan (margin of error) 3,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Risma Digadang Maju Pilkada DKI Jakarta, Hasto: Keputusan di Megawati

3. Elektabilitas Risma unggul di atas Anies

Ditanya Maju Pilgub DKI? Risma: Itu Bukan Mimpi atau Keinginan SayaMensos Risma Blusukan Temui Pemulung dan Gelandangan di Bantaran Sungai Ciliwung, Senin (28/12/2020) (Dok. Kemensos)

Alfian mengatakan elektabilitas Menteri Sosial Risma cenderung stabil sepanjang 2021, yang menduduki posisi pertama dengan persentase 36,3 persen.

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada posisi kedua dengan elektabilitas 25,5 persen, disusul Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sekitar 14,0 persen.

Sejumlah nama lainnya yang masuk dalam survei antara lain Sandiaga Uno (5,0 persen) dan Agus Harimurti Yudhoyono (4,4 persen) yang pernah berlaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya