Ditanya soal Cawapres Pilih AHY atau Aher, Ini Jawaban Anies

AHY dan Aher sama-sama ditawarkan jadi cawapres

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih panjang. 

Hal tersebut diungkapkan Anies saat ditanya terkait pilihan calon wakil presiden (cawapres), yakni antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

"Masih panjang, nanti nanti nanti," kata dia usai menghadiri acara HUT ke-70 Kalla Group di Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

1. Adu kuat AHY dan Aher jadi cawapres pendamping Anies

Ditanya soal Cawapres Pilih AHY atau Aher, Ini Jawaban AniesKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebagaimana diketahui, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing memiliki satu kandidat menonjol untuk mengisi kursi cawapres, yang bisa saja mendampingi Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

Calon mitra koalisi NasDem itu bak bersaing untuk menarik simpati Anies serta NasDem untuk mendapatkan kursi cawapres, meski belum tentu ketiganya bakal satu poros pada Pilpres 2024.

Baca Juga: Profil Ahmad Heryawan, Diusung PKS Jadi Cawapres Anies Baswedan

2. AHY siap jadi cawapres Anies

Ditanya soal Cawapres Pilih AHY atau Aher, Ini Jawaban AniesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berolah raga saat menjalani isolasi di rumah dinasnya di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dalam pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, AHY mengaku siap jika dipasangkan dengan Anies pada Pilpres 2024.

AHY saat itu secara terbuka mengaku siap jika diberikan tugas sebagai cawapres pendamping Anies.

“Kami pribadi terus mempersiapkan diri, apa pun tugas ya harus kami jalankan pada saatnya. Apa pun itu, di mana pun, harus siap,” kata AHY di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022).

Kendati, AHY mengatakan, pihaknya tak menuntut syarat cawapres untuk berkoalisi. Ketiganya juga disebut tak terburu-buru untuk mengumumkan deklarasi koalisi, serta pasangan capres-cawapres.

“Karena yang lebih baik adalah koalisi benar-benar soild dan benar-benar setelah itu hanya ada maju ke depan, dan berlari. Bukan berhenti atau mundur ke belakang,” ucapnya.

3. PKS usulkan Ahmad Heryawan

Ditanya soal Cawapres Pilih AHY atau Aher, Ini Jawaban AniesAhmad Heryawan (IDN Times/Galih Persiana)

PKS sebelumnya mengantongi lima nama sebagai alternatif cawapres, di antaranya adalah Ahmad Heryawan (Aher), Hidayat Nur Wahid, Iwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan Sohibul Iman.

Dari lima kandidat itu, PKS akhirnya mengusulkan Wakil Ketua Majelis Syura Aher sebagai cawapres pendamping Anies. PKS mengaku percaya diri mengusulkan Aher karena pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

“Percaya diri lah, karena sama-sama pernah jadi Gubernur,” kata Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri.

Kendati begitu, PKS mengakui tak akan menutup pilihan kemungkinan sosok lain untuk menjadi cawapres. Hal itu akan menjadi pembahasan oleh tim kecil antara NasDem, Demokrat, dan PKS.

Baca Juga: Bertemu Habib Novel, Anies Diberi Kenang-kenangan Tongkat Tanduk Rusa

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya