Comscore Tracker

Duet Erick Thohir dan Zulhas di 2024, PAN Kalteng Siap Usul ke DPP

Duet Erick Thohir dan Zulhas bakal diusulkan ke DPP

Jakarta, IDN Times - Dewan Pipinan Daerah (DPD) PAN dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong supaya Menteri BUMN Erick Thohir maju jadi Calon Presiden (Capres) 2024 mendatang.

Dukungan itu muncul saat DPP PAN menggelar rapat kerja daerah (rakerda) di Palangka Raya yang dihadiri pengurus DPD PAN se-provinsi setempat.

Pimpinan Sidang Rakerda DPD PAN se-Kalteng Ideham mengatakan, bahwa mereka sepakat mengusung Erick Thohir sebagai capres, sementara cawapresnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

"Sedangkan Zulkifli Hasan sebagai calon wakil presiden (cawapres)," kata Ideham menyitat ANTARA, Senin (27/6/2022).

1. Muncul pula nama Anies dan Airlangga

Duet Erick Thohir dan Zulhas di 2024, PAN Kalteng Siap Usul ke DPPIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain dua nama tersebut, muncul pula nama Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024.

Namun para peserta rakerda itu banyak menginginkan Erick Thohir dan Zulkifli Hasan sebagai pasangan capres dan cawapres yang diusung PAN bersama koalisi di 2024 nanti.

"Meskipun banyak yang mengusulkan dua nama tersebut, tetapi ada beberapa juga ada yang mengusulkan Anies Baswedan Gubernur DKI aktif dan Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia," ujar dia.

2. Nama usulan bakal disampaikan ke DPP

Duet Erick Thohir dan Zulhas di 2024, PAN Kalteng Siap Usul ke DPPIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Ideham menyatakan, nama-nama Capres dan Cawapres 2024 yang diusulkan DPD PAN se-Kalteng nantinya akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalteng.

Kemudian DPW akan menyampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk dibahas lebih lanjut di tingkat nasional.

"DPP PAN minta usulan dari pengurus daerah terkait nama capres dan cawapres, sehingga kami pun mempersiapkan dan menyepakati nama yang telah disepakati sesuai dengan usulan dari akar rumput dalam menentukan capres dan cawapres 2024," tutur dia.

Baca Juga: DPD PAN Bantul Usung Sri Sultan Jadi Capres 2024

3. PAN janji tak akan ganggu Zulhas urusan pemilu, biar fokus di Kemendag

Duet Erick Thohir dan Zulhas di 2024, PAN Kalteng Siap Usul ke DPPKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto, berjanji partainya tidak akan mengganggu sang Ketua Umum, Zulkifli Hasan. Ia mengatakan, PAN akan membiarkan pria yang akrab disapa Zulhas itu konsentrasi penuh ke posisinya sebagai Menteri Perdagangan (Mendag). Zulhas dilantik sebagai Mendag pada Rabu, 15 Juni 2022. 

Terpilihnya Zulhas sebagai Mendag bertepatan dengan momentum masing-masing partai politik (parpol) untuk menyiapkan strategi agar memenangkan Pemilu 2024.

"Bang Zul telah menyiapkan semuanya, termasuk membentuk komite pemilu dan langsung diketuai oleh saya. Semua perwakilan kami di daerah hingga di tingkat desa juga sudah membentuk badan pemenangan pemilu. Intinya, kami sudah yakin dengan kerja-kerja kami selama ini," ungkap Yandri kepada media pada Kamis, (16/6/2022). 

Ia mengatakan, PAN percaya diri tetap bisa lolos ke parlemen pada 2024 lantaran sudah punya pengalaman serupa di empat pemilu sebelumnya. Kepemimpinan yang berlangsung di PAN, kata Yandri, bersifat kolektif dan kolegial. 

"Jadi, kami sudah rela menghibahkan Bang Zulhas dan pikirannya di Kementerian Perdagangan (Kemendag), sehingga di satu sisi konsolidasi partai tak terganggu, begitu pula kinerja Bang Zul di Kemendag (tidak akan terganggu)," tutur dia. 

 

Baca Juga: PAN Sulsel Godok Kandidat Capres di Rakerda

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya