Duet Prabowo-Erick Thohir Makin Diperhitungkan Jelang Pilpres 2024

PAN usulkan Erick Thohir jadi cawapres dampingi Prabowo

Jakarta, IDN Times - Wacana duet Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, terus menguat jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Keduanya menjadi pasangan yang patut diperhitungkan, lantaran dinilai punya banyak keunggulan.

Baca Juga: SMRC: Ganjar Didukung Pemilih Kritis, Kalahkan Prabowo dan Anies

1. Duet Prabowo dan Erick Thohir potensial

Duet Prabowo-Erick Thohir Makin Diperhitungkan Jelang Pilpres 2024Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) Gerindra ke-15 di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, mengatakan duet Prabowo dengan Erick Thohir sangat potensial dan dapat menjadi pasangan yang solid. Keduanya dinilai miliki kelebihan untuk menggaet elektoral, sehingga dapat saling menguatkan.

"Kalau Prabowo-Erick Thohir bagus dan itu sudah bisa kuat," kata Ujang dalam keterangannya, Rabu (7/6/2023).

Oleh sebab itu, kata Ujang, tidak mengherankan jika duet Prabowo dan Erick Thohir merupakan pasangan yang mampu menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Bukan tidak mungkin, duet dua menteri Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu menjadi sangat diperhitungkan untuk Pilpres 2024.

"Bisa menghadirkan pasangan yang diperhitungkan di Pilpres 2024 nanti," kata dia.

Baca Juga: Survei: Jika Anies Batal Nyapres, Prabowo Kalahkan Ganjar di 2024

2. Erick Thohir bisa jadi figur jalan tengah

Duet Prabowo-Erick Thohir Makin Diperhitungkan Jelang Pilpres 2024Menteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Erick Thohir dapat menjadi figur jalan tengah bagi Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibangun Partai Gerindra dan PKB. Hal itu lantaran Erick berasal dari kalangan profesional dan tidak terikat dengan partai manapun.

Di sisi lain, Erick Thohir juga telah disodorkan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk dapat mendampingi Prabowo. Khususnya untuk menempati posisi sebagai cawapres pada pelaksanaan Pilpres 2024.

"Oleh karena itu, pertarungannya adalah bagaimana di koalisi Partai Gerindra dan PKB saat ini. Apakah tawaran PAN mengusung Erick Thohir itu diterima proposalnya?" tanya dia.

Baca Juga: Usai Pidato Kontoversial, Prabowo Jelaskan Posisi RI ke Dubes Ukraina

3. PAN usulkan Erick Thohir jadi cawapres

Duet Prabowo-Erick Thohir Makin Diperhitungkan Jelang Pilpres 2024Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat berorasi di depan Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengatakan partainya mengusulkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Hal itu disampaikan Yandri usai pertemuan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 2 Mei 2023.

"Ya antara (capres) Ganjar dan Prabowo, tentu kita mengusung wapresnya Erick," ujar dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/rI7latq0oV0

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya