Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres karena Loyalis Jokowi

Bisa mendongkrak pemenangan capres pasangannya

Jakarta, IDN Times - Potensi Erick Thohir diusung menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dinilai semakin menguat.  Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menuturkan, Menteri BUMN ini semakin banyak dilirik karena statusnya yang disebut sebagai loyalis Presiden Joko "Jokowi" Widodo. 

Status tersebut dinilai mampu mendukung upaya pemenangan calon presiden (capres) di kontestasi demokrasi 2024 mendatang.

“Di antara nama yang menguat menurut saya adalah Erick Thohir. Karena Erick Thohir ini satu loyalis Pak Jokowi,” kata Burhanuddin dalam keterangannya pada Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Cawapres Anies Segera Diumumkan, Koalisi Perubahan: Bakal Mengejutkan!

1. Dinilai bisa memuluskan restu Jokowi

Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres karena Loyalis JokowiPresiden Jokowi resmikan Gedung Papua Youth Creative Hub, Selasa (21/3/2023). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Burhanuddin menuturkan, Erick Thohir dapat memuluskan restu dari Jokowi untuk capres yang didampingi pada Pilpres 2024 mendatang. Burhan memberikan contoh, capres Gerindra yang membutuhkan restu dari Jokowi agar memperoleh kemenangan di ajang pilpres ketiganya.

“Pak Prabowo sedang mendekat untuk mendapatkan blessingnya (restunya) Pak Jokowi dan banyak sinyalemen yang menunjukkan kedekatan antara Prabowo dan Erick Thohir,” imbuhnya.

Baca Juga: Ketua Relawan Joman: Tak Ada Relawan Jokowi, Sekarang Sibuk Cari Uang

2. Erick Thohir berjasa besar atas kemenangan Jokowi di 2019

Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres karena Loyalis JokowiKetua Umum PSSI, Erick Thohir saat memberikan keterangan di SUGBK, Jumat (19/5/2023). (IDN Times/Sandy Firdaus).

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin mengatakan Erick Thohir punya hubungan dekat dengan Jokowi. Eks Presiden Inter Milan itu sempat dipercaya jadi Ketua Tim Pemenangan Jokowi pada Pemilu 2019 lalu.

“Erick Thohir memang dekat dengan Jokowi. Erick Thohir jasanya besar ke Jokowi karena ketua tim pemenangan dulu,” kata Ujang dalam keteranganya.

Oleh sebabnya, Ujang menuturkan, bukan tidak mungkin Jokowi mendukung Erick Thohir sebagai cawapres.

“Saya sih meyakini Jokowi mendukung Erick Thohir tapi dalam konteks cawapres,” kata Ujang.

Baca Juga: Indikator: Elektabilitas Erick Thohir Melejit Jadi Cawapres Teratas

3. Hubungan dekat Erick Thohir dan Jokowi

Erick Thohir Makin Dilirik Jadi Cawapres karena Loyalis JokowiIDN Times/Margith Juita Damaniki

Erick Thohir salah satu pemimpin yang dianggap tegak lurus dengan Jokowi. Dia disebut-sebut jadi menteri andalan dan kepercayaan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Terbukti, Erick Thohir banyak menerima penugasan strategis dari Jokowi di pemerintahan, baik bersifat profesional maupun personal. Dalam ranah profesional, Erick Thohir berhasil menyukseskan penanggulangan pandemi Covid-19 dan memulihkan ekonomi nasional melalui gerakkan ekonomi kerakyatan.

Dia juga berhasil mengurangi jumlah ratusan perusahaan BUMN menjadi 43 dan juga mendirikan Bank Syariah Indonesia (BSI). Erick Thohir juga berhasil menjawab tantangan memberantas korupsi di tubuh perusahaan BUMN.

Keberhasilan mengemban amanah dari Jokowi di Kementerian BUMN ini terekam jelas dengan meningkatnya laba secara konsisten setiap tahun. Kemudian dalam ranah personal, Erick Thohir berhasil menyukseskan acara pernikahan dari anak Jokowi yakni Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Kota Solo.

Dalam satu kesempatan ketika berkunjung ke masyarakat di Riau, Presiden Jokowi juga menyatakan dengan terbuka jika Erick Thohir adalah menteri andalannya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya